Kelebihan & Kekurangan Pestisida Nabati yang Harus Kamu Tau!

Dalam budidaya tanaman ada berbagai tahapan yang harus dilakukan untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Ada salah satu tahapan yang cukup penting dalam budidaya tanaman yaitu pengendalian hama dan penyakit tanaman. Penanganan organisme pengganggu tanaman ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang diolah menjadi pestisida nabati.

Pestisida nabati merupakan salah satu jenis pestisida yang berasal dari bahan-bahan alami, karena itulah pestisida nabati disebut juga dengan pestisida alami. Bahan pembasmi atau racun hama ini bisa dibuat oleh petani secara mandiri dengan memanfaatkan tanaman-tanaman tertentu yang tersedia di sekitar lingkungan.

Baca Juga:

Jenis pestisida ini lebih disukai petani sebab dampak negatif yang di timbulkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan pestisida sintesis yang seringkali justru menimbulkan masalah yang lain. Mengapa pestisida nabati? Kebiasaan baru untuk memanfaatkan pestisida nabati muncul sebab naiknya kesadaran akan dampak negatif dari penggunaan pestisida sintetis bila digunakan dengan tidak benar.

Bukan hanya itu, berkembangnya konsep pertanian organik dan meningkatnya permintaan produk pertanian non bahan kimia sintetis juga mempengaruhi. Upaya melestarikan lingkungan untuk masa depan juga menjadi faktor bangkitnya minat terhadap pestisida alami. Sebelum itu, ketahui terlebih dulu keunggulan juga kekurangan dari pestisida nabati ini.

Kelebihan Pestisida Nabati

1. Biodegradable

Karena sifat biodegradasinya yang mudah terurai atau mudah terdegradasi di alam menjadi keunggulan produk ini. Kandungan bahan-bahan di dalam pestisida nabati memiliki sifat persisten yang singkat.

2. Pencemaran

Adapun yang menjadi alasan digunakannya pestisida nabati yaitu pencemaran lingkungan yang berpotensi ditimbulkan oleh racun sintetis. Jenis pestisida ini, jauh lebih ramah lingkungan jadi tidak menimbulkan permasalahan lingkungan.

3. Safety

Untuk keuntungan berikutnya yaitu aman terhadap manusia, baik itu orang yang menggunakan atau mengaplikasikan di lahan pertanian, warga sekitar, konsumen produk pertanian, dan juga aman terhadap makhluk hidup lainnya.

4. Dapat Dibuat Sendiri

Keuntungan lainnya yaitu pestisida alami bisa dibuat secara mandiri. Ada beberapa jenis pestisida nabati yang dapat dibuat sendiri oleh petani dengan memanfaatkan beberapa tanaman yang ada di lingkungan sekitar.

Kekurangan Pestisida Nabati

Walaupun mempunyai beberapa kelebihan yang menguntungkan, pestisida alami atau pestisida nabati juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya yaitu:

1. Kecepatan

Pemanfaatan pestisida nabati tidak langsung membunuh dari OPT dan memiliki efek yang lambat, sehingga pestisida nabati umum sekali digunakan untuk mengusir hama dibandingkan untuk membunuhnya.

2. Aplikasi harus lebih sering

Penggunaan pestisida nabati harus lebih sering dilakukan, karena pestisida nabati mudah sekali untuk terurai, tetapi meski sering digunakan atau diaplikasikan terhadap tanaman tidak akan terjadi efek samping seperti tertinggalnya sisa racun atau residu pada tanaman.

Ingin budidaya tanaman hasilnya optimal & maksimal? Greenhouse plastik uv solusinya, info produk plastik uv lebih lanjut cek Disini

3. Masih jarang dan belum bisa diproduksi secara masal

Tapi pestisida ini sangat sulit ditemui ditoko pertanian kalaupun ada stock atau ketersediaan dari pestisida jenis ini sangat terbatas, sebab kurangnya untuk diproduksi secara masal. Kendala utama pestisida nabati tidak diproduksi secara masal yakni kurangnya ketersediaan bahan-bahan untuk pembuatannya.

4. Kurang praktis dan tidak tahan lama untuk disimpan

Pengaplikasian pestisida nabati ini memang sedikit ribet jika dibandingkan dengan pestisida kimia, sebab pengaplikasian pestisida nabati haruslah masih fresh dan baru dibuat dengan tujuan bahan aktif yang ada didalam larutan tetap terjaga dan belum terurai.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement