Ini Dia 5 Jenis & Khasiat Tanaman Toga Untuk Kesehatan, Mau Coba!

Membuat lingkungan sekitar rumah yang sehat adalah hal yang sangat penting dilakukan. Supaya tujuan ini terwujud, sebaiknya Anda menyertai aspek alam yang menyegarkan di halaman rumah Anda, salah satunya dengan menanam tanaman toga.

Tak hanya menambah kesejukan dan keasrian di halaman rumah, tanaman toga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman toga ini dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit secara alami dan tradisional.

Pada saat ini, tanaman obat seringkali dianggap sebelah mata. Tetapi, jangan mudah menganggapnya remeh, ada jenis obat herbal yang tergabung dalam jenis tanaman toga.

Tanaman toga merupakan tanaman berkhasiat yang ditanam di lahan pekarangan dan dikelola oleh keluarga. Penanaman tanaman ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan tradisional yang bisa dibuat sendiri.

Biasanya jenis tanaman obat lebih banyak tumbuh sebagai tanaman liar. Namun, saat ini tanaman obat banyak ditanam di kebun dan di lahan pekarangan. Sebagian besar masyarakat memanfaatkannya sebagai tanaman toga.

Dengan menanam tanaman toga mampu menciptakan kemandirian bagi keluarga sebab mampu menanam, merawat sekaligus memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga. Nah, apakah Anda tertarik memanfaatkan halaman di rumah untuk menanam tanaman toga? Berikut jenis tanaman toga yang bisa Anda tanam dirumah.

Baca Juga:

1. Jahe - Zingiber Officinale

Tanaman jahe tergolong dalam suku Zingiberaceae yang merupakan tanaman herba semusim, tegak, dengan tinggi sekitar 40-50 cm dan terdapat 3 jenis jahe yaitu gajah, emprit, dan merah. Jahe merupakan komoditas pertanian yang mempunyai peluang dan prospek yang cukup baik untuk dikembangkan di Indonesia.

Pada jahe terdapat kandungan minyak atsiri zingiberena, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat dan khasiatnya yaitu untuk mengatasi batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, sakit kepala, dan perut kembung. Jika dilihat dari manfaatnya yang besar, tentu jahe bisa dijadikan referensi jenis tanaman toga.

2. Kunyit - Curcuma Longa

Berikutnya yaitu kunyit merupakan tanaman perennial herbaceous dari keluarga Zingiberaceae yang asalnya dari Asia Selatan dan mempunyai bunga majemuk. Bagian rimpangnya berwarna orange, kunyit merupakan salah satu jenis tanaman toga yang mudah dipelihara di rumah.

Khasiat dan manfaat kunyit bagi kesehatan ialah:

  • Bisa meringankan radang usus buntu dan radang rahim,
  • Air perasan kunyit, kuning telur, kapur sirih mampu menyembuhkan radang amandel.
  • Campuran air perasan kunyit, isi buah pinang, kapur sirih dan madu bisa meringankan asma.
  • Mampu meringankan sembelit, dengan cara gunakan air perasan rimpang dicampur dengan garam.

3. Sambiloto - Andrographis Paniculata

Sambiloto merupakan tanaman asli Indonesia dan termasuk suku Acanthaceae. Bagian daun sambiloto mengandung aldehid, keton, alkane, flavonoid, kalium, natrium, dan kalsium.

Umumnya, seluruh bagian tanaman mulai dari daun, hingga batang bisa dimanfaatkan. Tanaman ini sering tumbuh liar di semak-semak, tetapi tanaman ini bisa dipelihara di pekarangan sebagai jenis tanaman toga yang bermanfaat besar bagi kesehatan.

Bagian daun tanaman sambiloto merupakan tanaman obat tradisional untuk mengobati stroke. Tak hanya itu, tanaman sambiloto mampu menyembuhkan penyakit kencing manir, tifus samapai anti malaria dan anti syphilis.

4.  Daun Binahong - Basella Rubra Linn

Basella atau daun binahong tergabung dalam keluarga Basellaceae dan sudah banyak dimanfaatkan sebagai salah satu jenis tanaman toga. Biasanya daun binahong dikenal dengan bayam malabar, bayam india, bayam Sri Lanka, dan bayam merambat.

Asal tanaman ini yakni dari Korea hingga menyebar ke Indonesia dan biasa disebut gendola. Binahong bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembap.

Beberapa khasiatnya yaitu untuk mengatasi masalah kulit (jerawat), maag, asam urat, kolesterol, diabetes, sesak napas, anemia, batuk, membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun, mengembalikan stamina yang hilang, mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan tekanan darah, mengatasi masalah haid, dan mengatasi anak yang susah makan.

Polybag sudah banyak digunakan sebagai wadah pembibitan atau budidaya. Selain mudah didapat, polybag juga dijual dengan harga yang murah. Info harga produk klik Disini

5. Daun Beluntas - Pluchea Indica

Tanaman beluntas termasuk anggota suku Asteraceae merupakan jenis tanaman semak atau setengah semak yang bisa tumbuh tegak dengan tinggi sampai 2 meter. Bentuk tanaman ini yaitu daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Jenis tanaman ini sering dijadikan pagar alami di pedesaan dan menjadi tanaman toga yang mudah dirawat.

Manfaatnya untuk kesehatan yaitu bisa menghilangkan bau badan, gangguan pencernaan pada anak-anak dan menambah nafsu makan, menurunkan panas, peluruh keringat, scabies, TBC, nyeri pada rematik, sakit pinggang.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement