Jangan Dibuang! Ternyata Sisa Bahan Ini Bisa untuk Penyubur Tanaman

Menjadikan tanaman tumbuh subur tak harus menggunakan pupuk kimia atau pupuk kompos. Kamu bisa membuat tanaman yang kamu tanam subur dengan bahan-bahan sederhana dan alami. Terdapat beragam pupuk alami yang bisa kamu gunakan di kebun. Untuk perkembangan dan kesuburan, tanaman membutuhkan 3 nutrisi penting yaitu Kalium, Fosfor, dan Nitrogen.

Walaupun pupuk kimia yang dibeli di toko umumnya mengandung nutrisi ini, kamu juga bisa menyediakannya untuk tanaman tanpa bahan kimia. Jenis pupuk ini bisa dibuat menggunakan bahan-bahan umum dari dapur atau halaman belakang. Untuk bahan-bahan ini bisa dengan mudah ditemukan, bahkan bahan-bahan ini merupakan limbah yang kerap dibuang begitu saja. Nah, daripada penasaran apa saja bahan-bahan tersebut, berikut beberapa bahan-bahanya.

Baca Juga:

Ampas kopi

Banyak sekali kegunaan dari ampas kopi ini, salah satu yang terbaik yaitu sebagai pupuk untuk membantu mengasamkan tanah. Pengaplikasiannya bisa menaburkan ampas kopi ke dalam pot tanaman. Bisa juga dengan merendam hingga enam cangkir bubuk kopi bekas selama satu minggu untuk membuat pupuk dari ampas kopi.

Ampas kelapa

Selain ampas kopi, ampas kelapa juga bisa dijadikan pupuk organik bahkan media tanam yang baik untuk tanaman. Berdasarkan hasil penelitian pupuk ampas kelapa ini masih mengandung kandungan kadar protein kasar dan lemak kasar yang masih relatif tinggi. Sehingga bisa membantu penyuburan, membuat tanaman cepat berbunga dan berbuah.

Ampas teh

Bukan hanya ampas kopi dan kelapa, ampas teh bisa berfungsi sebagai pupuk organik untuk menyuburkan tanaman. Hal ini karena ampas teh memiliki kandungan Nitrat yang mudah diserap oleh tanaman. Pada bubuk teh bekas dan daun teh segar mengandung nutrisi dan asam tanat yang ketika ditambahkan ke tanah, menciptakan lingkungan lebih subur untuk tanaman.

Cangkang telur

Kandungan kalsium yang tinggi pada cangkang telur bisa membantu pertumbuhan tanaman. Untuk tanah yang kekurangan kalsium bisa menyebabkan pembusukan dan masalah tanaman lainnya. Pada cangkang telur terdiri dari 93% kalsium karbonat, juga nitrogen dan asam folat serta zat lainnya yang baik untuk tanaman.

Kulit pisang

Karena kandungan kalium pada kulit pisang, membuat kulit pisang sangat cocok untuk menyuburkan tanaman mawar yang membutuhkan banyak kalium. Caranya cukup kubur kulitnya di samping semak mawar sehingga bisa dikomposkan secara alami. Dan ketika tanaman mawar tumbuh, kubur pisang atau kulit pisang ke lapisan atas tanah untuk menyediakan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tanaman mawar.

Daun kering

Jika ada banyak daun kering di halaman atau kebun rumah jangan dibuang atau dikabar dulu, kamu bisa memanfaakannya sebagai pupuk. Sebab daun kaya akan mineral yang mampu menarik cacing tanah untuk menjaga kelembaban tanah. Selain itu, bisa juga dengan menghancurkan daun dan mencampurkannya dengan tanah untuk menanam tanaman.

Menanam lebih mudah dan efisien dengan menggunakan polybag plastik, untuk kamu yang membutuhkan polybag yuk cek Disini

Kulit bawang

Kulit bawang seringkali dibuang begitu saja, pasalnya kulit bawang bisa digunakan sebagai pupuk yang kaya kalium organik untuk semua tanaman. Hal ini bisa meningkatkan resistensi penyakit, pertumbuhan, batang dan produktivitas yang lebih kuat. Penggunaannya cukup ambil beberapa lembar kulit bawang, kemudian rendam kulit bawang semalaman. Jika sudah satu malam direndam, air rendaman tersebut bisa disiramkan ke tanaman sebagai pupuk alami.

Agar agar

Mungkin sebagian besar orang belum tau bahwa agar-agar bisa menjadi sumber nitrogen yang bagus. Karena terbuat dari rumput laut, sehingga terdapat kandungan zat berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroba tanah. Untuk pengaplikasiannya, larutkan 1 bungkus agar-agar dalam 1 gelas air panas dan kemudian tambahkan 3 gelas air dingin, kemudia tuang langsung ke tanah di sekitar tanaman sebulan sekali.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement