Mengenal 5 Jenis Buah yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Hidup dan tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, ada beragam jenis buah yang bisa Anda jumpai. Tetapi, sebagian besar negara dan wilayah di bumi memang mempunyai flora endemik dengan karakter yang berbeda, jadi tak heran jika ada beberapa jenis buah yang mungkin belum pernah kita coba.

Contohnya jenis buah yang bentuknya tak wajar ataupun rasanya yang berbeda dari buah pada umumnya, buah tersebut sering dianggap sebagai buah aneh dan buah yang unik di dunia. Apakah di antara buah berikut ada yang pernah Anda konsumsi?

Baca Juga:

1. Buah Hala

Tanaman pandan umumnya diolah bagian daunnya karena aroma khasnya, namun berbeda dengan spesies Pandanus tectorius. Jenis pandan satu ini bisa berbuah dan buahnya dikenal dengan nama ‘Buah Hala’, salah satu buah yang unik di dunia.

Cara mengonsumsi buah ini yaitu dengan mencabut bagian-bagian yang menyelimuti permukaan buahnya yang membuat buah ini terlihat bak sebuah planet yang tengah dibelah. Jenis buah yang satu ini sering digunakan sebagai bahan memasak untuk kuliner masyarakat Maladewa dan juga Mikronesia.

2. Buah Ackee

Buah yang berasal dari wilayah tropis di Afrika Barat, buah ackee menjadi buah yang sering juga dianggap aneh dan unik. Buah ackee berasal dari keluarga Sapindaceae dan masih berkerabat dengan buah seperti leci dan lengkeng. Ackee merupakan jenis buah nasional dari negara Jamaika, buah unik ini terkenal sebagai buah yang beracun.

Akan tetapi, bagian salut biji dari buah ini dikenal akan rasanya yang lezat dan bisa dikonsumsi jika diolah dengan cara yang tepat dan kerap digunakan dalam beberapa masakan khas Karibia. Dibalik itu, pastikan Anda tidak sembarangan mengkonsumsi buah yang satu ini ya.

3. Melon Bertanduk Afrika

Berikutnya yaitu buah asli Afrika Selatan dengan nama ilmiah Cucumis metuliferus, atau biasa disebut sebagai Melon Bertanduk Afrika atau Buah Kiwano. Mempunyai kulit buah yang mirip seperti duri serta berwarna kuning oranye ketika sudah matang.

Walaupun mempunyai nama melon bertanduk, cita rasa buah ini sangat berbeda dari buah melon dan kerap dianggap mempunyai rasa campuran dari berbagai macam buah seperti pisang, markisa, dan timun menjadi satu. Nah, bisa bayangkan betapa unik cita rasa buah yang satu ini?

4. Buah Salju

Buah salju merupakan jenis buah asli Amerika selatan. Salah satu jenis buah ini beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial dan mulai banyak ditemukan di Indonesia. Mempunyai bentuk pipih dengan warna hijau sehingga lebih mirip seperti daun daripada buah.

Tetapi, ketika dibelah Anda bisa menemukan daging buah berwarna putih dengan tekstur sangat lembut seperti es krim dengan rasa yang manis. Karena tekstur inilah yang membuat buah ini juga dikenal dengan nama ‘Ice Cream Beans’ atau buah es krim.

Berikan atap peneduh untuk tanaman kamu dengan paranet, agar tanaman tidak layu dan mati. Info produk cek Disini

5. Buah Gac

Memiliki ciri khas warna kemerahan dan tekstur duri-duri kecil dan tumpul membuah buah yang satu ini dijuluki "buah dari surga". Buah gac bisa dijumpai di Asia Tenggara seperti di Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam, buah ini dikenal mempunyai banyak manfaat kesehatan. Untuk bagian daging buahnya berwarna kemerahan dengan tesktur lembut seperti buah naga namun rasa hambar dengan cenderung sedikit pahit.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement