Mengenal 6 Tanaman untuk Atasi Hama & Serangga Secara Alami

Penggunaan pestisida bukan cara satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mengusir hama dan serangga yang ada di sekitar rumah. Walupun terbukti ampuh menghilangkan hama dan serangga, pestisida tidak selalu aman digunakan sebab ada banyak masalah dalam penggunaannya.

Kandungan zat kimia didalamnya membunuh dan memusnahkan serangga-serangga bermanfaat, seperti lebah dan kupu-kupu. Namun, ada beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam sebagai tanaman pendamping untuk melindungi tanaman lainnya dari hama pengganggu.

Baca Juga:

1. Bunga Matahari

Tanaman ini adalah teman yang baik sebab selain membantu membasmi hama, tetapi juga memberikan hasil panen yang lebih banyak. Karena warna bunganya yang paling menonjol, bisa mengalihkan perhatian kutu daun dan lalat putih dari tanaman lain. Jenis hama ini tidak menimbulkan banyak dampak negatif pada bunga matahari, tapi mereka akan menghancurkan tanaman lainnya.

2. Marigold

Karena memiliki aroma yang harum, sehingga marigold menjadi salah satu tanaman pengusir hama yang paling populer, dan sering digunakan sebagai pembatas taman. Tak hanya mampu mengusir serangga, tanaman cantik ini mampu mengalihkan perhatian tungau laba-laba dan siput dari tanaman lain.

3. Lavender

Dikenal karena memiliki aroma menenangkan yang bisa memenuhi udara dan membuat seseorang tetap dalam keadaan yang rileks. Namun, hama cenderung tak terlalu suka dengan tanaman aromatik yang satu ini. Sebab itulah lavender sangat cocok untuk mengusir kutu dan ngengat, dan juga menarik penyerbuk.

4. Petunia

Tanaman bunga petunia mampu menambah kilau warna yang indah di taman. Walaupun beberapa jenis dari tanaman ini beracun, mereka merupakan tanaman lain yang dikenal mampu membersihkan taman dari kutu daun, cacing, dan kumbang.

5. Bunga Krisan

Jenis bunga yang lebih dikenal untuk dimasukkan ke dalam karangan bunga dibandingkan berada di kebun. Akan tetapi, tanaman ini adalah jenis tanaman yang sering menjadi bahan insektisida, sebab tanaman ini mampu mengatasi segala jenis hama kebun, serta hama rumah tangga, seperti kecoak dan kutu.

Ingin budidaya tanaman lebih aman dan hasilnya maksimal! Terapkan metode greenhouse plastik uv untuk budidayanya. Info produk plastik uv cek Disini

6. Mint

Pertumbuhannya yang agresif sehingga sangat cocok ditanam di dalam pot yang kemudian ditempatkan di sekitar tanaman untuk melindungi tanaman yang lain. Dan pastikan selalu jaga supaya tanaman tetap disiram dengan baik dan jangan menanam varietas yang berbeda secara bersamaan.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement