HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

8 Khasiat Buah Pisang Beserta Cara Sehat Mengonsumsinya

Pisang merupakan salah satu buah yang cukup mudah didapatkan di Indonesia. Hal ini karena buah pisang memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia. Karena itulah, meski tidak dengan membelinya di toko buah, kita bisa dengan mudah mendapatkannya di kebun atau pekarangan dekat rumah, tapi dengan ijin si pemilik tanaman. Selain rasanya yang manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat atau manfaat pisang yang beragam juga bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang terkandung di dalamnya meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium. Nutrisi inilah yang membuatnya masuk dalam daftar makanan superfood yang kaya akan manfaat kesehatan. Nah, ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika rajin mengonsumsi pisang.

1. Sebagai sumber energi

Buah pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik, sebab di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27gr karbohidrat. Dan kemudian, di dalam tubuh karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Bahkan karbohidrat juga bisa diubah menjadi glikogen, yakni salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tanaman Oxalis Beserta 6 Cara Perawatannya!

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kalium yang terkandung di dalam pisang bisa membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Buah pisang juga diketahui bisa mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Adanya kandungan senyawa antioksidan di dalam pisang bisa mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang diakibatkan radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal. Menurut hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, risiko terkena batu ginjal lebih rendah.

Baca Juga : Kenali Anggur Jupiter, Si Varietas Unggul yang Tak Banyak Orang Tau!

5. Mengurangi mual saat hamil

Karena kandungan vitamin B6 membuat pisang mampu mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, dan sedangkan kandungan kaliumnya bisa mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Oleh sebab itu, pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Manfaat pisang selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan, hal ini karena pisang merupakan sumber probiotik bagi tubuh. Berdasarkan penelitian juga menerangkan bahwa probiotik bisa mengatasi diare yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.

Tak hanya melancarkan saluran pencernaan, pisang juga mengandung serat yang bisa mencegah sembelit dan kanker usus besar. Bahkan menjadi salah satu pilihan buah yang aman untuk asam lambung, karena termasuk rendah asam.

7. Menurunkan berat badan

Tingginya kandungan serat di dalamnya mampu memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

8. Meredakan tukak lambung

Mengonsumsi buah piisang bisa memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga bisa meredakan atau mencegah tukak lambung. Selain itu, pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mangatasi nyeri akibat maag.

Baca Juga : Tahapan Mudah Mengeringkan Kopi Dengan Plastik UV

Cara Sehat dan Tepat Mengonsumsi Pisang

Buah pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai jenis makanan atau camilan manis yang rendah kalori dan bergizi. Akan tetapi, batasi konsumsi pisang yang diolah dengan cara digoreng, seperti menjadikannya pisang goreng atau pisang molen.

Pisang yang dioalah dengan cara digoreng bisa menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya dan justru meningkatkan kadar lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Cara supaya manfaat yang didapat saat konsumsi buah pisang bisa maksimal, Anda bisa mengolahnya dengan cara berikut ini:

  • Mengolah pisang menjadi jus atau smoothie, Anda juga bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan lainnya.
  • Jika ingin mencampurnya dengan sereal atau oatmeal, Anda bisa menambahkan buah-buahan lain atau kacang almond.
  • Buah pisang yang dihaluskan juga bisa dicampur ke adonan untuk membuat kue bolu.
  • Dan bisa digunakan sebagai pengganti selai pada roti.

Agar mendapatkan manfat pisang tersebut, sebaiknya Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Khasiat Buah Pisang Beserta Cara Sehat Mengonsumsinya"

Posting Komentar

LANGGANAN