HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Langkah-Langkah Budidaya Pohon Gaharu, Cocok untuk Investasi

Kayu Gaharu

Gaharu merupakan salah satu jenis tanaman pohon yang kayunya berharga mahal. Tak banyak orang tau bahwa gaharu mempunyai banyak manfaat. Karena harganya yang mahal, beberapa orang menjadikan tanaman gaharu sebagai ladang investasi.

Baca Juga:

Alasannya tentu karena pohon ini memiliki banyak sekali manfaat dibidang kesehatan, bagian daun dan batangnya dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, daun gaharu juga bisa dijadikan sebagai minyak wangi dan batangnya juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan dan berbagai manfaat lainnya.

Tak heran jika daun dan batangnya dihargai mahal. Harga daun dari pohon tersebut sekitar Rp. 30.000/kg. Sedangkan batangnya dihargai hingga puluhan juta untuk setiap kilogramnya. Keuntungan lainnya dari pohon gaharu mudah dibudidayakan karena bisa tumbuh pada tanah berjenis apapun.

Hal yang Menjanjikan dari Kayu Gaharu

Kayu gaharu yang dibudidayakan harganya akan relatif tinggi walaupun mutunya rendah. Untuk kelas terendahnya saja, harganya sekitar 50 ribu rupiah per kilogramnya. Jadi, Anda masih bisa tetap untung walaupun kualitas kayu hasil panen kurang baik. Hal yang membuat kayu ini dihargai tinggi karena kayu ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan, minyak wangi, kosmetik, hingga digunakan untuk acara-acara ritual keagamaan.

Tak heran jika budidaya pohon gaharu bisa dijadikan pilihan sebagai investasi dalam beberapa tahun mendatang. Ditambah lagi, pohon gaharu bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti negara kita. Namun sayangnya, kesempatan usaha ini masih belum banyak dikenal orang.

Langkah-Langkah Budidaya Pohon Gaharu

Ada banyak sekali panduan mengenai cara budidaya pohon gaharu, yang pasti Anda harus mempersiapkan tempat untuk menanamnya terlebih dahulu. Setelah itu, cari pihak yang bisa memberi suplay bibit pohon gaharu untuk ditanam. Selanjutnya, Anda harus tau tempat untuk menjual atau memasarkan hasil panen yang Anda miliki. Tanpa beberapa aspek tersebut, usaha ini tidak akan bisa berjalan.

Lantas bagaimana cara membudidayakannya? nah bagi yang penasaran, yuk simak dibawah.

  1. Siapkan tempat yang cocok untuk menanam pohon gaharu, yakni tempat yang tidak terendam air dengan ketinggian antara 0 hingga 750 mdpl.
  2. Selanjutnya, lakukan pembibitan tanaman gaharu menggunakan media polybag.
  3. Sembari menunggu bibit siap tanam, persubur tanah dengan cara membuat lubang-lubang dan memberinya pupuk kandang, lalu biarkan selama kurang lebih 1 bulan.
  4. Saat bibit sudah siap, pindahkan ke tempat yang sudah Anda siapkan tadi dengan jarak tanam ideal sekitar 2 x 2,25 meter.
  5. Penanaman dilakukan dimuka musim hujan saat pagi hari atau sore hari.
  6. Lakukan perawatan pohon dengan memberi pupuk dan air secara teratur hingga berumur 18 bulan. Pohon baiknya diberikan naungan agar teduh.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi banyak orang. Kurang lebihnya saya mohon maaf, sampai jumpa di artikel kami berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Budidaya Pohon Gaharu, Cocok untuk Investasi"

Posting Komentar

LANGGANAN