HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Yuk Simak! 4 Fakta Unik Tentang Pohon yang Wajib Anda Ketahui

Pohon

Pohon mempunyai peranan penting bagi semua makhluk hidup. Pohon bisa mencegah terjadinya erosi tanah, memberikan keteduhan, tempat tinggal, mengurangi karbondioksida, serta menghasilkan oksigen.

Sama halnya dengan manusia, pohon juga merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di bumi. Anda dapat dengan mudah menemui pepohonan di setiap jalan, sudut, hingga gang sempit. Hampir disetiap tempat di Indonesia pasti terdapat pohon.

Baca Juga:

Walaupun Anda sudah sering melihat pohon, apakah Anda tau mengenai fakta unik mengenai makhluk hidup yang satu ini? Berikut adalah 4 fakta unik tentang pohon.

1. Pohon Seperti Manusia
Ilustrasi Pohon Berinteraksi

Sama halnya dengan manusia pohon juga memiliki beberapa kesamaan. Menurut peniliti asal Jerman bernama Peter Wohlleben, pohon mempunyai perasasan dan bisa berkomunikasi seperti halnya manusia.

Pohon bisa merasakan stress, rasa sakit, emosi, takut. Jika sudah begini, pohon akan mengalami penghambatan pertumbuhan serta proses fotosintesisnya. Biasanya pohon akan stress karena kualitas tanah buruk, kebun pohon sesak, berebut nutrisi atau air antara pohon dengan tanaman lainnya.

Selain itu, pohon juga bisa berinteraksi dengan pohon lainnya jika tumbuh berdekatan atau saling bersentuhan. Cara pohon berkomunikasi dengan pohon lainnya yakni dengan cara memanfaatkan jaringan jamur pada tanah yang dikenal sebagai jaringan mikroba, dengan begitu pohon akan berkutar nutrisi atau memberi peringatan dari satu pohon ke pohon terdekatnya.

2. Panjang Umur
Pohon Old Tjikko

Diketahui ada pohon yang tingginya hanya 4 meter saja namun usianya 9.500 tahun. Pohon tersebut merupakan pohon sejenis cemara yang bernama Old Tjikko. Pohon yang satu ini merupakan pohon indivu klonal yang bisa hidup dan bertahan hingga ribuan tahun. Disaat batang pohon yang lama mati, akarnya akan terus hidup hingga tumbuh batang baru.

Sedangkan di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Timur ada pohon yang mempunyai umur lebih dari 1.000 tahun. Pohon tersebut sangat kuat bahkan masih bisa hidup dan bertahan walau tersambar petir sekalipun tergantung dari faktor tanah dan lingkungan pohon tersebut.

3. 3 Triliun Pohon Tersebar Di Seluruh Dunia
Pepohonan

Penilitan lingkungan memperkirakan bahwa di seluruh dunia terdapat 3.04 triliun. 1,30 triliun dari jumlah tersebut terdapat di hutan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Dari penelitian tersebut diperkirakan kurang lebih ada 15 miliar pohon yang ditebang setiap tahunnya. Yang menyebabkan penurunan jumlah pohon dari tahun ke tahun, hingga saat ini telah turun sekitar 46 persen sejak dimulainya peradaban manusia.

Dari banyaknya pohon tersebut diperkirakan pepohonan yang ada dihutan telah berkontribusi untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi manusia. Menurut laporan International Labour Organization (ILO) diperkirakan ada 13,2 juta pekerjaan formal didunia yang berhubungan dengan kehutanan seperti dalam memproduksi furniture, kertas, hingga pulp.

4. Pohon Bulan
Misi Apollo 14

Pada tahun 1971 Apollo 14 telah diluncurkan. Tak hanya astronot Edgar Mitchell dan Alan Shephard, seorang mantan karyawan Dinas Kehutanan Amerika Serikat juga berpartisipasi ke bulan sebagai kru.

Rossa membawa ratusan bibit pohon ke bulan. Sedangkan Mitchell dan Shephard berjalan ke permukaan bulan, roosa dan bibit pohon mengorbit di dalam pesawat. Setelah mendarat ke bumi, bibit-bibit tersebut dibiarkan berkecambah lalu ditanam di seantero Amerika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Simak! 4 Fakta Unik Tentang Pohon yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

LANGGANAN