Jeruk Nagami, Si Kecil yang Miliki Segudang Manfaat Luar Biasa!

Terdapat berbagai jenis jeruk yang bisa dengan mudah diperoleh baik di pasar tradisional ataupun supermarket. Beberapa jenis jeruk tersebut diantaranya yakni jeruk Medan, jeruk Pontianak, jeruk Santang dan jeruk Bali.

Lain daripada itu, terdapat jenis jeruk unik yang kulitnya bisa dimakan dan mempunyai banyak manfaat yaitu jeruk nagami atau nama latinnya Citrus Japonica. Buah nagami merupakan satu varian jeruk kumquat selain marumi.

Untuk pohon kumquat tergolong dalam keluarga tanaman berbunga, yang tumbuh setinggi 2,5-4,5 meter dengan batang bercabang dan berduri. Bagian daunnya hijau mengkilap, berbunga putih sama seperti bunga tanaman jeruk.

Baca Juga:

Jenis tanaman buah yang berasal dari Asia ini sudah sangat populer di China sejak abad ke-12. Karena memiliki aroma dan rasa mirip jeruk, membuat kumquat varietas nagami ini lebih dikenal dengan nama jeruk nagami.

Buahnya yang kecil lonjong dan kulit buah yang tidak pahit, jadi memungkinkan jeruk ini bisa langsung dikonsumsi bersama kulitnya. Di dalam daun jeruk ini memiliki kandungan minyak atsiri. Sementara bagian buahnya mengandung gula, asam organik, serat, kalsium, mineral, zat besi serta vitamin A, B dan C.

Banyaknya senyawa yang terkendung didalamnya, menjadikan jeruk nagami berguna untuk mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan lainnya serta cocok dikonsumsi bagi yang sedang berdiet.

Manfaat Jeruk Nagami

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tanaman buah yang satu ini sangat kaya akan salah satu antioksidan alami yakni vitamin C, yang berperan penting untuk sintesis kolagen dan penyembuhan luka. Bahkan bisa merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan juga meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah berbagai penyakit seperti batuk, pilek, radang sendi dan diabetes.

2. Menguatkan Tulang dan Gigi

Bukan hanya itu, jeruk nagami juga menjadi sumber mineral seperti kalsium, tembaga, kalium, mangan, besi, selenium dan seng. Kandungan kalsium sendiri merupakan elemen penting untuk pembentukan tulang dan gigi, mempercepat penyembuhan dan melindungi tulang supaya tetap sehat dan kuat sampai usia tua.

3. Melancarkan Pencernaan

Tak hanya kandungan diatas, tetapi juga mengandung serat yang baik dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 8 buah jeruk ini dalam sehari bisa membantu melancarkan saluran pencernaan dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi sehingga bisa mengobati sembelit, kembung, kram, dan radang usus.

4. Menjadi Sumber Energi

Pada 100 gram jeruk nagami terdapat kandungan 71 kalori. Bukan hanya kandungan karbohidrat, ada juga riboflavin, zat dalam vitamin yang terlibat dalam mempercepat proses produksi energi. Maka dari itu, mengkonsumsi jeruk ini bisa melengkapi kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh.

5. Melawan Radikal Bebas

Buah nagami ini kaya akan nutrisi, kandungan buahnya bahkan merupakan sumber antioksidan tinggi seperti lutein, phytochemical, karoten, zeaxanthin, tanin, limonen, muurolene, dan caryophyllene. Seluruh senyawa tersebut sangat baik dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lain jeruk ini yaitu mampu menjaga kesehatan kulit, karena kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat di dalamya. Dari 2 kadungan tersebut, sangat bagus dan bermanfaat untuk mencegah masalah kulit seperti keriput, bintik-bintik penuaan, kulit kasar, dan kulit kusam.

Memanfaatkan polybag untuk budidaya jeruk nagami ini juga sangat cocok agar tidak memakan banyak tempat. Info update harga dan pemesanan silakan klik Disini

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan , jeruk ini sangat baik dikonsumsi. Walaupun mengandung karbohidrat, namun buah ini rendah kalori, rendah natrium, dan nol kolesterol. Tak hanya menurunkan berat badan, kandungan seratnya juga berfungsi menekan nafsu makan.

8. Merawat Kesehatan Mata

Adanya kandungan vitamin, termasuk vitamin A dan beta-karoten membuat jeruk ini sangat bermanfaat. Sebab senyawa ini berkombinasi sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dalam sel mata. Sehingga kesehatan mata akan terjaga dan bisa mencegah degenerasi sel-sel mata serta mengurangi perkembangan katarak.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement