HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Ini 10 Jenis Tanaman Sayur & Buah yang Cocok di Musim Hujan, Tanam Sekarang!

Menerapkan hidup dengan senantiasa menyayangi lingkungan merupakan hal yang positif, salah satunya yaitu dengan berkebun. Anda bisa membuat kebun sayur maupun kebun buah, sesuaikan dengan keinginan Anda. Untuk menanamnya juga cukup mudah, Anda bisa melakukannya di pekarangan rumah atau bisa juga di lahan tanam yang luas.

Bagi sebagian orang, musim hujan mungkin menjadi berkah. Tetapi bagi petani, musim tersebut membuat mereka khawatir karena bisa menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, butuh strategi khusus dalam menanam tanaman, salah satunya mengetahui buah dan sayur yang cocok ditanam di musim hujan. Sebab jenis tanaman buah dan sayur merupakan asupan yang banyak diincar orang, karena kandungan nutrisinya yang baik bagi kesehatan. Nah, ini beberapa jenis sayur dan buah yang cocok di tanam ketika musim hujan.

Baca Juga:

1. Cempedak

Tanaman cempedak lebih tahan terhadap curah hujan tinggi ketimbang nangka. Jenis tanaman yang satu ini dijamin tak akan gagal panen walaupun telah memasuki musim penghujan.

2. Manggis

Salah satu buah yang memiliki rasa asam manis ini ternyata bisa hidup di musim hujan sekalipun. Manggis bisa tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl dan curah hujan 1500-3000 mm/tahun, dengan suhu udaranya sekitar 20°C-30°C. Dan justru tanaman manggis mudah terbakar daunnya bila terkena matahari langsung.

3. Terong

Pertumbuhan tanaman terong akan semakin subur jika ditanam di musim penghujan, sebab membutuhkan air yang banyak dalam penanamannya. Walau memerlukan air yang banyak, jangan biarkan tanaman ini tergenang air.

4. Kangkung

Kangkung merupakan jenis tanaman yang bisa hidup di air dan biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Maka tak ada salahnya untuk mulai membudidayakan kangkung di musim hujan.

5. Bayam

Jenis tanaman sayur yang kaya akan manfaat ini juga bisa tumbuh subur loh, dan bahkan mampu membantu dalam penyuburan bayam.

6. Selada

Selada merupakan sayuran yang umum dipakai dalam burger dan olahan daging ini ternyata kuat dalam menghadapi kondisi cuaca dengan intensitas hujan tinggi.

7. Daun bawang

Mirip dengan selada, daun bawang juga bisa hidup dalam intensitas hujan yang cukup tinggi. Dengan demikian, sayuran ini justru lebih baik ditanam saat musim hujan.

8. Lengkeng

Tanaman buah lengkeng/kelengkeng ini sangat cocok ditanam di dataran rendah berkisar 200-600 mdpl yang mempunyai iklim basah dengan curah hujan sekitar 1.500-3.000 mm/tahun dengan bulan basah sebanyak 9-12 bulan. Akan tetapi, buah lengkeng akan mengalami pembuahan yang baik ketika musim kemarau, pada malam hari dengan suhu sekitar 15°C-20°C.

9. Melon

Buah melon mampu tumbuh di ketinggian 300-1.000 mdpl dengan curah hujan yang sedang. Iklim yang cocok untuk tanaman melon yakni iklim kering atau musim panas yang berlangsung cukup lama. Lokasi tanam dengan kelembapan udara rendah cenderung kering dan ternaungi, membuat pohon melon akan enggan berbunga betina. Melon ini menyukai cahaya sinar matahari, namun masih dalam batas wajar yaitu sebesar 70%.

10. Nangka

Pohon nangka mampu berkembang dengan baik di ketinggian 1.000 mdpl. Kebutuhan iklim untuk tanaman ini tumbuh dengan subur yakni iklim basah cenderung kering dengan curah hujan sekitar 1.000-2.000 mm/tahun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 10 Jenis Tanaman Sayur & Buah yang Cocok di Musim Hujan, Tanam Sekarang!"

Posting Komentar

LANGGANAN