Manfaatkan Lahan Terbatas dengan Vertical Garden! Ini 9 Cara Mudah Membuatnya

Taman vertikal saat ini hampir digemari oleh semua orang, sebab semakin berkembangnya cara membuat taman vertikal yang mudah dilakukan para pemula. Arti taman vertikal sendiri yaitu sebuah taman yang dibuat pada bidang tegak lurus. Umumnya cara ini digunakan jika memiliki lahan sempit dan terbatas di rumah, jadi dinding dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan tanaman.

Sebagian orang mengira, membuat taman vertikal merupakan pekerjaan sulit bahkan sebelum mereka mencobanya. Namun dibalik itu, ada cara membuat vertical garden yang sangat mudah, lo. Cara yang disarankan ini akan membuat seorang pemula juga cepat menguasai ilmunya. Inilah beberapa cara mudah membuat taman vertikal.

Baca Juga:

1. Memilih Area Dinding yang Akan Digunakan

Menentukan area dinding yang tepat merupakan langkah pertama yang wajib Anda lakukan. Lalu seperti apa karakteristik dinding yang baik? Jenis dinding yang baik untuk lahan taman vertikal menurut Philip yates yaitu dinding yang kondisinya sudah tidak baik.

Lebih tepatnya yaitu apabila ada dinding di sekitar rumah Anda yang kondisinya sudah berlapuk atau rusak karena lembap, maka area tersebut bisa jadi tempat yang tepat. Akan tetapi bila tak ada dinding lembap, kualitas dinding jenis apapun sebetulnya bisa digunakan.

2. Bentuk Rangkanya Sesuai Kebutuhan

Di dalam kebun vertikal ini terdiri dari 3 lapis tumpuan yang terbuat dari rangka, plastik pelapis, dan kain alas. Anda bisa memasang rangka taman vertikal dengan cara menggantungnya, hal ini untuk mempermudah saat membongkarnya. Untuk ukuran tak terlalu dipermasalahkan karena Anda bisa membuatnya sesuai kebutuhan.

3. Lapisi Bingkai dengan Plastik Pelindung

Tahap selanjutnya dalam pembuatan taman vertikal yaitu menyiapkan plastik pelapis seukuran dengan rangka untuk melapisi kain alas dan melindungi dinding dari rembesan air kebun vertikal Anda. Wajib dipertimbangkan kualitas plastik yang baik dan tidak mudah sobek supaya awet untuk jangka waktu yang lama.

4. Pasang Kain untuk Media Tanam

Pada tahap keempat ini yaitu pemasangan kain bekas untuk media tanam pada taman vertikal Anda. Tujuan dipasang kain ini yaitu sebagai alas tempat tanaman Anda tumbuh dan juga berfungsi sebagai penahan air bagi tanaman. Bila ingin membuat seperti cara Philip Yates, Anda bisa menggunakan bahan karpet bekas untuk media tanam ini.

5. Kelola Sistem Irigasinya dengan Baik

Supaya tanaman bisa bertahan hidup, mereka tentu memerlukan pasokan air yang cukup, itulah kenapa Anda perlu memasang sistem irigasi yang baik. Yang artinya sistem tersebut memiliki pengairan yang baik dan bisa membuat tanaman tetap lembap. Untuk pembuatan sistem irigasi Anda bisa memakai pipa PVC atau paralon yang mempunyai daya rekat kua.

6. Sambungkan Pupuk Ke Sumbernya

Jangan lupa juga kebutuhan pupuknya, suapaya tanaman di taman vertikal Anda tumbuh subur. Jenis pupuk cair yang cocok untuk jenis tanaman seperti yang ada pada taman vertikal, saat ini sudah banyak tersedia. Proses pemupukan bisa Anda atur dengan cara menghubungkannya dengan sumber airnya. Dengan mengatur sistem pupuk cair, Anda tak perlu repot lagi memupuki tanamanmu secara manual.

7. Tentukan Jenis Tanaman untuk Taman Vertikal

Sesudah seluruh perbekalan dan persiapan selesai, saatnya pilih jenis tanaman yang Anda mau. Jenis tanaman yang dipilih harus mempertimbangkan cahaya matahari, kelembapan, angin, dan juga suhunya. Sebab tanaman di taman seperti ini pastinya diletakkan di luar ruangan, tentu harus memilih jenis tanamannya sebaik mungkin.

8. Langsung Tanam Tanamanmu!

Penanaman tanaman di taman vertikal tak sesulit menanam di kebun konvensional. Proses ini cukup mudah, Anda tinggal memotong kain alas secara vertikal untuk menciptakan lubang tanaman. Kemudian masukan tanah secukupnya ke dalam lubang goresan tersebut.

9. Tentukan Desain Tanaman di Taman Vertikal

Adapun yang paling menarik dari taman vertikal menurut Philip Yates yaitu proses mendesain tanamannya. Teknik menanam ini menawarkan banyak kemungkinan yang bisa Anda eksplorasi. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengatur desain taman dari ukurannya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement