HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

3 Faktor Penyebab Tanaman Buah Tak Kunjung Berbuah, Mau Tau!

Akan sangat menyenangkan jika memiliki tanaman buah, terlebih lagi bisa menghasilkan buah yang lebat dan segar. Membudidayakan tanaman buah memang mempunyai beberapa manfaat, seperti bisa mengurangi stress dan beban pikiran, bisa memberikan suasana sejuk dan nyaman. Terutama bisa memberikan hasil buah yang bisa di konsumsi bersama keluarga atau bahkan bisa dikembangkan sebagai ladang penghasilan tambahan.

Proses perawatan ketika menanam tanaman buah tentu membutuhkan kesabaran dan perhatian yang ekstra, jika tidak tanaman akan gagal berbuah. Tetapi tak perlu khawatir, jika pada akhirnya tanaman Anda tak berbuah, sebab pasti bisa diatasi. Ini beberapa penyebab yang membuat tanaman buah tak kunjung berbuah.

Baca Juga:

Masalah Penyerbukan

Pada tanaman buah, bunga merupakan alat yang digunakan untuk membuat benihnya. Proses yang satu ini disebut dengan penyerbukan, yaitu tindakan menyalurkan serbuk sari dari kepala sari bunga jantan ke kepala putik betina. Karena tanpa proses ini, bunga betina tak akan menyemai benih dan menghasilkan buah.

Gagalnya proses penyerbukan disebabkan oleh beberapa hal, seperti angin, suhu, dan tak adanya kehadiran penyerbuk asli seperti lebah dan kupu-kupu. Dengan begitu, ada baiknya jika Anda juga menanam tanaman bunga yang bisa membuat lebah tersebut tertarik untuk mampir di kebun Anda.

Cuaca Buruk

Kondisi cuaca yang panas, dingin, kering, atau basah merupakan penyebab yang bisa mengganggu produksi buah, misal angin dan panas bisa membuat tanah kering dan tanaman bisa terbakar. Bila terlalu berlebihan kondisi kelembapannya bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan menarik hama tertentu.

Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Pupuk

Pemberian pupuk ke tanaman ini sangat penting untuk memberikan nutrisi tambahan yang menipis. Apabila Anda tak memberikan nutrisi yang cukup, maka tanaman akan sulit berbuah. Meski bisa berbuah pasti buahnya akan kecil dan sedikit, bahkan akan sulit bertahan sebelum benar-benar matang. Tapi pemberian pupuk secara berlebihan juga membuat tanaman tak berbuah, contohnya seperti kelebihan pupuk nitrogen yang bisa membuat tanaman tumbuh terlalu rimbun.

Terlalu rimbun pertumbuhan tanaman akan membuat tajuk tanaman kurang memperoleh sinar matahari, hal ini berdampak pada proses fotosintesis yang bisa menyebabkan tanaman kurang menghasilkan karbohidrat. Dampaknya, tanaman akan berbunga sedikit atau tak sama sekali. Lain daripada itu, nitrogen yang berlebihan juga menekan pertumbuhan vegetative yang merugikan produksi buah. Bila kekurangan nitrogen dan kelebihan kalsium dalam tanah juga tak baik. Dari kedua faktor tersebut bisa menyebabkan gugur bunga, artinya tanaman banyak tumbuh bunga tetapi tidak bisa berbuah.

Nah, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan supaya tanaman buah yang ditanam bisa berbuah dengan baik dan banyak, simak selengkapnya dibawah.

Syarat Tanaman Agar Berbuah dengan Baik

  • Pastikan Anda memilih bibit yang baik serta unggul. Alangkah baiknya jika Anda sudah mengetahui dan memahami apakah bibit tanaman buah yang akan ditanam bagus atau tidak.
  • Kebutuhan tanaman seperti lingkungan, iklim cuaca yang mendukung, curah hujan, unsur hara dan juga sinar matahari yang cukup harus terpenuhi.
  • Memastikan kebutuhan yang mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman buah terpenuhi, seperti kondisi lahan, kualitas air tanah, kelembaban udara dan suhu.
  • Terbebas dan terlindungi dari hama dan penyakit yang menjangkiti tumbuhan.

Sesudah semua syarat di atas terpenuhi, kita bisa melakukan proses ekstra untuk mempercepat pembuahan dan meningkatkan kualitas buah. Diantaranya seperti melakukan pemangkasan, pengairan, pemberian hormon, pupuk dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Faktor Penyebab Tanaman Buah Tak Kunjung Berbuah, Mau Tau!"

Posting Komentar

LANGGANAN