Mengapa Buah di Negara Jepang Dijual dengan Harga Super Mahal? Simak Alasannya

Buah Unik di Jepang

Buah-buahan menjadi salah satu makanan dengan harga murah di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun berbeda dengan halnya di Jepang. Di negara jepang buah-buahan menjadi salah satu makanan mewah yang mempunyai nilai jual tinggi. Bahkan, ada buah melon Yubari King di jepang yang dihargai dengan sangat fantastis (harganya berkisar 250 juta untuk setiap buahnya).

Baca Juga:

Masyarakat jepang sering menganggap buah-buahan sebagai hadiah istimewa. Di negara jepang buah dan sayuran sangatlah berbeda, sebab sayuran dikonsumsi setiap hari dan merupakan kebutuhan. Sedangkan buah dianggap lebih spesial. Lalu apa saja yang membuat buah menjadi lebih spesial dan mempunyai harga yang sangat fantastis? yuk simak dibawah agar tau.

1. Masyarakat Jepang Tergolong Perfeksionis

Alasan yang pertama yakni, masyarakat jepang sangat perfeksionis. Mereka tidak asal-asalan dalam memilih dan mengkonsumsi buah. Kebanyakan masyarakat jepang akan memilih buah dengan kualitas terbaik yang terlihat sempurna dari luar dan daging buahnya enak.

Meskipun begitu, masyarakat jepang rela merogoh kocek lebih untuk membeli buah dengan kualitas terbaik meskipun harganya mahal. Hal tersebut yang membuat beberapa negara kesulitan dalam menembus pasar buah di negara jepang karena buah harus benar-benar berkualitas dan tidak ada cacat.

Tak heran jika para petani disana rela merawat mendidikasi waktunya hanya untuk mengurus sebidang lahan yang berisikan satu buah saja. Nantinya buah tersebut akan dijual dengan harga yang lebih mahal.

2. Perlindungan Sistem Pertanian untuk Kepentingan Petani Jepang

Salah satu hal yang membuat buah-buahan di jepang mempunyai harga yang fantastis yakni karena negara jepang menjaga pendapatan petani. Jadi misal harga gabah di Indonesia 5.000 untuk setiap kilonya. Petani jepang justru akan menikmati harga gabah di 30.000 untuk setiap kilonya. 

Dengan begitu, para petani disana akan lebih semangat dan termotivasi saat berprofesi sebagai petani dalam menghasilkan produk hasil pertanian yang lebih berkualitas. mereka akan menjaga minat dan profesi petani sebagai sebuah kebanggaan.

Diketahui hanya ada 12% lahan saja yang digunakan untuk budidaya pertanian yang kebanyakan didominasi untuk menanam padi. Agar angkat tersebut tidak turun dari tahun ke tahun, maka pemerintah jepang memberikan perhatian lebih bagi yang berprofesi sebagai petani.

3. Tidak Sekedar untuk Dikonsumsi

Di negara jepang terdapat tradisi memberi hadiah dan buah menjadi salah satu pilihan yang sangat populer untuk dijadikan hadiah. Hadiah buah diberikan sebagai penghargaan atau rasa terima kasih dengan rekan bisnis atau keluarga untuk menjaga hubungan baik.

Harga yang sangat fantastis untuk dijadikan hadiah tentu karena kualitasnya yang premium dan dikemas dengan mewah. Para petani harus berusaha keras untuk mendapatkan buah yang akan dijadikan sebagai hadiah. Petani akan menjaga kualitas mulai dari pra tanam, hingga pasca panen.

Salah satu buah yang sangat populer untuk dijadikan sebagai hadiah yakni melon musk. Melon tersebut merupakn hasil penaman secara khusus menggunakan greenhouse yang terkontrol segala sesuatunya sehingga menghasilkan buah melon bisa tumbuh secara optimal.

Cukup sekian artikel kali ini. Jika kalian suka, tinggalkan like dan share.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement