HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Panduan Mudah Membuat Pupuk Kandang yang Baik & Benar!

Pupuk kandang merupakan olahan dari kotoran hewan ternak, yang diberikan pada lahan pertanian untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah. Umumnya disebut dengan pupuk organik, sebagaimana kompos dan pupuk hijau. Kandungan zat hara yang ada pada pupuk kandang tergantung dari sumber kotoran bahan bakunya.

Pupuk kandang yang berasal dari ternak kaya akan nitrogen dan mineral logam, seperti magnesium, kalium, serta kalsium. Sedangan pupuk kandang ayam mempunyai kandungan fosfor lebih tinggi. Fungsi dan manfaat utama dari pupuk kandang yakni mempertahankan struktur fisik tanah supaya akar bisa tumbuh secara baik.

Adapun cara membuat pupuk kandang dengan mudah, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri dan tak perlu membelinya jika sering menggunakannya untuk tanaman. Salah satu jenis pupuk kandang yang banyak digunakan yakni pupuk kandang dari kotoran kambing.

Akan tetapi, kotoran kambing yang masih baru bersifat panas karena kandungan amoniaknya terbilang cukup tinggi. Itulah alasan kenapa kotoran kambing tak bisa langsung digunakan sebagai pupuk karena bisa membakar tanaman. Agar bisa digunakan sebagai pupuk, maka kotoran tersebut harus melalui proses fermentasi terlebih dulu.

Fermentasi ini berguna untuk mengurai bahan-bahan organik yang ada di dalam kotoran menjadi unsur hara yang stabil dan mudah diserap oleh tanaman. Selain itu, proses ini juga berguna untuk membunuh bakteri jahat dan pathogen yang berada di dalam kotoran. Karena kedua mikroorganisme tersebut dapat menjadi sumber penyakit bagi tanaman.

Untuk kotoran yang masih mentah juga mengandung biji-biji gulma atau rumput yang memungkinkan untuk tumbuh kembali jika kotoran yang masih baru langsung digunakan sebagai pupuk. Sebelum dijadikan pupuk, kotoran kambing harus disortir terlebih dahulu untuk memisahkan antara kotoran dan benda-benda asing seperti plastik, kayu, batu, atau lainnya yang kemungkinan tercampur ke dalamnya.

Proses penyortiran bisa dikerjakan bersamaan dengan penggemburan kotoran kambing jadi proses penguraian berjalan lebih cepat. Untuk kotoran yang sudah disortir langsung dihamparkan secara merata menjadi lapisan yang agak tipis supaya proses selanjutnya lebih mudah.

Setelah itu, siapkan 5 liter air dan EM4 supaya proses fermentasi pupuk kandang berjalan lebih cepat. Pada EM4 terdapat bakteri menguntungkan yang masih tertidur atau dorman. Supaya bakteri tersebut aktif, maka EM4 tersebut harus dikocok terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan air bersih.

Pada 100kg kotoran kambing membutuhkan 2 tutup botol cairan EM4 dan dicampurkan dengan 5 liter air. Kemudian tambahkan molasses, tetes tebu, gula pasir, atau gula merah sebanyak 100gr sebagai sumber nutrisi bagi bakteri-bakteri tersebut. Jika sudah, aduk sampai semua bahan tercampur merata dan diamkan samapai bakteri di dalam EM4 mulai aktif. Sesudah itu, masukkan larutan ke sprayer supaya mudah diaplikasikan.

Semprotkan larutan EM4 pada hamparan kotoran kambing secara merata. Jangan lupa, kotoran perlu dibalik dan disemprotkan kembali larutan EM4 ke seluruh bagian. Apabila sudah benar-benar merata dan kotoran kambing sedikit lembap dengan tingkat kebasahan sekitar 30% - 40%, kemudian masukkan kotoran ke karung, tapi jangan terlalu penuh. Setelah terisi karung diikat dengan tali dan letakkan di tempat teduh.

 

Langkah berikutnya, pupuk tersebut perlu dipantau setiap 2 minggu sekali. Bila kondisi kotoran terlalu kering, siram atau semprot kembali dengan larutan EM4. Dan karung perlu dibolak-balik supaya sirkulasi udara di dalam karung menurun. Proses pembuatan pupuk organik kotoran kambing baru jadi atau matang setelah proses fermentasi berlangsung selama 2 bulan.

Namun, jika Anda tidak ingin ribet dalam proses pembuatannya bisa membelinya di toko pertanian atau toko online. Saat ini sudah banyak yang menjual berbagai jenis pupuk kandang untuk tanaman.

Jika Anda membutuhkan media tanam & pupuk kandang harga murah dan berkualitas, kami menyediakan Media Tanam & Pupuk Kandang Cap Sari Tani. Info harga dan pemesanan bisa hubungi Admin kami di:
Phone: 0812.3258.4950 / 0877.0282.1277 / 0852.3392.5564
Telp: 031-8830487
Whatsapp : https://bit.ly/Whatsapp-LC

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Mudah Membuat Pupuk Kandang yang Baik & Benar!"

Posting Komentar

LANGGANAN