Jarang Orang Tau! Ternyata, Labu Kuning Miliki Khasiat Bagi Kesehatan

Salah satu jenis buah yang memiliki nama ilmiahnya Cucurbita moschata dan juga merupakan salah satu jenis buah yang sering dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, dan puding. Lain daripada itu, buah ini juga bisa diolah dengan cara dikukus, ditumis, sampai dipanggang atau dibakar. Sedangkan di luar negeri, labu kuning sering diukir dan dijadikan hiasan menyeramkan ketika perayaan Halloween tiba.

Dan ternyata, buah bulat berwarna oranye ini selain mudah diolah, tetapi juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Untuk buktinya, yakni di dalam seporsi labu kuning atau setara sekitar 250 gram, terkandung 50 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

* 2gr protein
* 12gr – 15gr karbohidrat
* 0,1gr lemak
* 2,5gr serat
* 800 – 900 mikrogram vitamin A
* 20mg vitamin C
* 50mg kalsium
* 25mg magnesium
* 400mg – 500mg kalium
* 0,7mg – 1mg zinc
* 1,5mg – 2mg zat besi

Dalam buah labu ini juga terdapat kandungan vit B, vit K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, dan karoten. Itulah yang membuat labu kuning ini baik dikonsumsi oleh siapa pun, baik anak-anak, orang dewasa, dan ibu hamil.

Baca Juga:

Sederet Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan

Berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalam labu kuning, membuat buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, berikut ini merupakan berbagai manfaat labu kuning yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan Berat Badan

Jenis buah yang satu ini merupakan sumber serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. Selain itu, buah ini juga tergolong rendah kalori dan tak berlemak. Sebab inilah, buah labu kuning cukup baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan supaya tetap ideal.

2. Melancarkan Pencernaan

Di dalam labu kuning terdapat kandungan serat dan air yang tinggi, jadi sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah serta menangani sembelit.

3. Menekan Risiko Terkena Kanker

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan beta karoten yang diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Sebab nutrisi yang terkandung itulah membuat labu kuning sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk mencegah penyakit kanker.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalam labu kuning ini bahkan lebih banyak dari wortel, lho! Tak hanya itu, buah labu kuning juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Karena andanya kandungan tersebut, membuat buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit mata, seperti degenerasi makula.

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Kalium, serat, dan antioksidan yang terkandung dalam labu kuning merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan inilah yang berperan menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan mampu mengurangi kolesterol dalam darah serta mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

Dari hasil beberapa riset juga menyebutkan bahwa tercukupinya asupan serat dan antioksidan, sangat penting dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Agar memperoleh manfaat labu kuning secara maksimal, disarankan untuk menjalani pola makan sehat dengan membatasi asupan lemak dan garam, tak merokok, serta rutin berolahraga.

6. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Pada daging dan juga biji labu kuning ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk otak, diantaranya seperti kolin, magnesium, serat, dan antioksidan lutein. Maka dari itu, adanya kandungan nutrisi tersebut sangat penting dalam memelihara fungsi otak dan mengurangi risiko demensia atau pikun. Serta kandungan lutein pada buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta konsentrasi dan kemampuan belajar.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin A dan juga antioksidan pada buah ini juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun, jadi tubuh lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Dan ternyata kandungan vitamin C pada buah labu juga bisa mempercepat pemulihan saat Anda terkena flu.

Jika Anda memerlukan mulsa plastik untuk budidayanya, info harga klik Disini

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apabila Anda mempunyai gangguan sulit tidur, cobalah untuk mengonsumsi biji labu kuning sebelum tidur. Di dalam biji buah labu ini terdapat sumber alami triptofan, yakni salah satu jenis asam amino yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Dan juga zinc yang terkandung di dalam biji buah labu ini bisa membantu otak menghasilkan hormon serotonin dan melatonin, yakni hormon yang bertugas dalam mengatur siklus tidur.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Beta karoten yang terkandung pada labu kuning tak hanya mencegah pertumbuhan sel kanker, tetapi juga bisa membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan awet muda serta  melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Anda juga bisa memeperoleh manfaat labu kuning untuk kulit dengan cara mengolahnya menjadi masker wajah alami.

Supaya memperoleh manfaat dari labu kuning di atas, mulai saat ini Anda bisa mencoba menambahkan labu kuning ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Tetapi, hindari konsumsi labu kuning secara berlebihan, Karena dalam buah ini mengandung vitamin A yang tinggi. Bila dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan keracunan vitamin A. Untuk memastikan jumlah asupan labu kuning yang sesuai kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement