HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Jamblang! Buah dengan Segudang Khasiat yang Jarang Orang Tau

Jamblang atau biasa disebut duwet ini merupakan jenis buah yang hanya muncul pada musim tertentu. Buah dengan nama latin Syzygium Cumini ini mempunyai warna hitam keunguan, berbentuk lonjong, berkulit halus, dan punya biji tunggal. Walaupun banyak yang mengatakan mirip dengan anggur, tapi tentu saja buah ini berbeda dari rasa dan khasiatnya.

Selain rasa yang manis dan khas ini, ternyata buah jamblang juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu, mari cari tahu manfaat buah jamblang bagi kesehatan. Berikut ini merupakan berbagai manfaat buah jamblang berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ada banyak khasiat buah jamblang untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk kesehatan jantung. Karena memiliki kadar potasium dan kalium yang tinggi, yaitu sekitar 55 mg setiap 100 gram ini yang membuat buah jamblang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan sirkulasi darah.

Lancarnya sirkulasi darah ini akan sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, sebab jantung dan pembuluh darah tak perlu bekerja ekstra keras. Apabila jantung dan pembuluh darah Anda sehat, maka bisa dipastikan Anda bisa terhindar dari penyakit kardiovaskuler.

Baca Juga:

2. Meningkatkan Kinerja Saluran Kemih

Khasiat buah jamblang lainnya yaitu membantu meningkatkan kinerja saluran kemih. Manfaat ini diperoleh karena adanya kandungan asam galat di dalam buah tersebut.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Di dalam buah jamblang terdapat kandungan glukosida yang berkhasiat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka robek ataupun luka bakar.

4. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Adanya kandungan antosianin dan flavonoid pada buah jamblang yang merupakan komponen anti-oksidan dan anti-kolesterol. Sebab kolesterol yang mengeras di pembuluh darah bisa mengakibatkan pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau stroke.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Untuk 100 gram buah jamblang memiliki kandungan 1,5-2 mg zat besi, 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, dan 16,7 mg fosfor. Karena kandungan tersebut menjadikan buah ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Menurunkan Risiko Anemia

Tak hanya sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, zat besi yang terkandung di dalam buah jamblang juga bisa berperan dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Dengan demikian, jika mengonsumsi buah ini bisa membuat Anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

7. Membantu Menurunkan Gula Darah

Walaupun buah ini memiliki rasa yang manis, namun kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata bisa menjaga kadar gula darah supaya tidak meningkat. Jadi buah jamblang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Membantu Memperlancar Pencernaan

Dengan tingginya kandungan serat, bila dikonsumsi secara rutin dan teratur, maka manfaat buah jamblang yang bisa Anda rasakan yakni terhindar dari konstipasi atau sembelit, gangguan usus, mual, diare, dan disentri.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam buah jamblang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi buah ini secara rutin bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit infeksi, seperti flu, asma, atau penyakit menular lainnya.

10. Menjaga Kesehatan Gusi

Agar lebih mudah dikonsumsi, buah jamblang ini diolah dan diambil ekstraknya. Dan ekstrak inilah yang juga banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kondisi gingivitis atau radang gusi.

11. Memiliki Sifat Antikanker

Menurut pendapat para pakar ahli bahwa kandungan fitokimia bioaktif di dalam buah jamblang, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid yang mempunyai sifat antikanker dan kemo-preventif. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga diduga efektif untuk menunjang pengobatan kanker, jantung, dan hati.

12. Meredakan Sakit Kepala

Khususnya untuk ibu hamil harus menjaga emosi dan jangan sampai mengalami stress. Sebab, efek kelelahan dan stress ini bisa mengakibatkan sirkulasi darah ke otak menjadi tak lancar jadi menyebabkan nyeri pada saraf misalnya sakit kepala. Di dalam buah jamblang mempunyai komponen antosianin yang bisa mengatasi peradangan atau nyeri, termasuk sakit kepala atau migrain.

13. Melawan Bakteri Mulut

Selain manfaat diatas ada juga manfaat buah jamblang yaitu untuk kesehatan mulut. Umumnya ibu hamil mengalami gangguan seperti mulut yang terasa pahit atau bau. Maka dari itu, buah jamblang ini cocok untuk mengusir bakteri penyebab bau dan rasa pahit dalam mulut dan menjaga kesehatan mulut para ibu hamil.

14. Menambah Nafsu Makan

Teruntuk para ibu yang sedang mengandung, nutrisi dan asupan gizi yang cukup sangat penting bagi ibu dan janin. Akan tetapi banyak ibu hamil yang merasa tak nafsu makan karena mual. Untuk itulah, minum air yang dicampur buah jamblang bisa membantu menambah nafsu makan. Dan caranya pun sangat mudah, cukup mencampur air, buah jamblang, dan madu, kemudian bisa langsung diminum.

15. Bagus untuk Kulit

Khasiat buah jamblang yang terakhir yaitu untuk kecantikan kulit, sebab buah jamblang mengandung vitamin C yang bisa mencerahkan kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga mampu membantu memproduksi kolagen yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit, dan membuat kulit menjadi lebih sehat dan awet muda. Kandungan anti-oksidan dalam buah jamblang juga mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel kulit dan memicu penuaan dini.

Nah, supaya Anda bisa merasakan manfaat buah jamblang dengan lebih optimal, pastikan untuk menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Wajib Anda ingat juga untuk berolahraga rutin, cukup tidur, kelola stres dengan baik, dan hindari rokok maupun alkohol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jamblang! Buah dengan Segudang Khasiat yang Jarang Orang Tau"

Posting Komentar