HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Ingin Buat Taman di Halaman Rumah? Ini 10 Ide yang Wajib Anda Coba!

Siapa sih yang tidak ingin punya taman cantik di halaman rumah? Apalagi saat duduk santai sambil menyeruput kopi dan ditemani pemandangan hijau di taman sendiri. Menjadi sebuah relaksasi sempurna dari pekerjaan di kantor. Jangan khawatir apabila mempunyai lahan sempit, taman minimalis bisa menjadi solusi atau ide tepat untuk Anda.

Membuat sebuah taman di lahan sempit memang cukup menantang, akan tetapi ini juga bisa menjadi keunggulan dibanding taman yang besar. Sebab lahan yang minim menjadikan upaya dan biaya perawatannya pun ikut minim. Tak hanya itu, Anda juga bisa berkonsentrasi penuh pada detail tema dan aksen yang Anda berikan untuk taman kecil Anda. Tapi Anda masih bingung mau bikin taman seperti apa dan bagaimana? Coba saja buat taman dengan beberapa ide berikut ini.

1. Manfaatkan Sisa Space Samping Rumah

Pada area rumah minimalis yang berdiri di atas lahan sempit, Anda harus pandai dalam memanfaatkan sisa space. Bisa Anda lihat lahan kecil di samping dapur atau samping kamar tidurmu. Sisa lahan inilah yang bisa Anda sulap jadi taman mungil nan cantik.

2. Buat Taman Minimalis di Balkon

Dengan adanya sisa lahan, Anda juga bisa membuat taman di balkon lantai dua atau lantai tiga rumah Anda. Sekarang ini memang salah satu karakteristik rumah minimalis yakni arsitekturnya yang tak melebar, tetapi bertumpuk. Oleh karena itu, daripada balkon lantai atas dibiarkan menganggur, sebaiknya dijadikan taman saja.

Sebab ada di lantai atas, tak mungkin Anda tiba-tiba menanam tumbuhan di lantai. Maka tanaman hias dalam pot merupakan pilihan tanaman paling tepat. Dengan meletakkan pot tanaman tersebut mengelilingi balkon serta menggantungnya di bagian langit-langit.

Baca Juga:

3. Gunakan Model Area Rumput Terbuka

Supaya area taman yang sempit terlihat lebih luas dan lega, Anda bisa mendesain taman seperti yang satu ini. Syaratnya, Anda harus menempatkan rumput teki atau rumput gajah saja tanpa tumbuhan apapun di bagian tengah taman.

Bagian yang terdapat rumput inilah yang akan menjadi titik fokus untuk membuat taman tampak lebih lapang. Langkah berikutnya, Anda bisa menambahkan tumbuhan lain di sekeliling area rumput untuk menambah kecantikan tamanmu.

4. Siasati dengan Penempatan Pot Semen Minimalis

Penanaman tumbuhan secara langsung pada tanah halaman terkadang bisa menimbulkan kesan berantakan dan mempersempit ruang. Dengan demikian, cobalah menempatkan tanaman secara berderet pada pot semen minimalis untuk menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia jadi membuat taman tampak lebih ringkas.

5. Taman Imut di Sudut Teras

Lahan terlalu sempit jangan dijadikan alasan untuk membuat sebuah taman minimalis. Selain cara di atas Anda bisa mengubah sudut rumah menjadi sebuah taman dengan bunga warna warni. Walaupun kecil, namun taman ini tetap menambah kesegaran dan estetika rumah Anda.

6. Taman Minimalis di Tangga Teras

Sebagian besar bagian utama rumah dibuat lebih tinggi dibandingkan bagian teras atau halamannya. Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika terjadi banjir. Maka dari itu, Anda bisa menanam tumbuhan di area tangga dan menambahkan rerumputan di sela-selanya juga bisa menjadi alternatif taman minimalis Anda.

7. Padukan dengan Kerikil & Bebatuan

Bukannya malah mempercantik halaman rumah, penempatan tanaman yang berlebihan akan memberikan kesan berantakan. Maka dari itu, Anda harus pandai dalam mengatur komposisi taman supaya tampak pas dengan lahan yang tersedia. Karena itulah, dengan memadukan tanaman dan bebatuan bisa menjadikan taman terlihat lebih rapi serta tak monoton.

8. Tambahkan Elemen Air

Refreshing pikiran dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan dengan suara gemercik air yang alami. Memberikan tambahan sebuah kolam dan air mancur kecil akan menghadirkan makna lebih pada taman minimalis Anda.

9. Jadikan Taman Fungsional

Dalam konsep dasar minimalis yaitu menjunjung kesederhanaan dan mengedepankan fungsi. Membuat desain grass bed pada taman merupakan contoh model taman minimalis fungsional. Jadi tak lagi menempatkan sofa, Anda sudah bisa bersantai di kasur alami yang terbuat dari rumput.

10. Roof Gardening

Mengingat karakteristik rumah minimalis yaitu atapnya bukan berbentuk segitiga melainkan datar. Oleh sebab itu, atap datar ini bisa Anda fungsikan untuk roof gardening alias taman di atas atap. Bersantai menikmati pagi hari dan sore hari di atap terbuka ditemani segarnya tumbuhan hijau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Buat Taman di Halaman Rumah? Ini 10 Ide yang Wajib Anda Coba!"

Posting Komentar