HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Bertani Bawang Merah Dengan Media Polybag

Bawang merah biasanya digunakan sebagai penyedap makanan (bumbu dapur) utama, bersama bawang putih, dalam berbagai masakan. Jika diiris tipis dan digoreng umbi ini menjadi taburan penyedap soto, sup, bakso dan berbagai makanan lainnya. rasa gurih, wangi aromanya, serta teksturnya yang crunchy membuat hampir setiap orang menyukainya. Tak hanya itu, ternyata bawang merah pun memiliki khasiat untuk kesehatan sebagai obat maag, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, obat kencing manis, memperlancar pernafasan, dsb.

Segudang manfaatnya menjadikan konsumsi komoditas ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sayangnya tidak didukung oleh produksi yang memadai. Jumlah produksi dalam negeri belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan akan bawang merah. Ditambah lagi saat adanya serangan hama dan penyakit membuat kuantitas umbi ini menjadi sangat sedikit. Harga per kilogram pun akhirnya menjulang tinggi.

Seluruh hal tersebut menunjukkan bahwa prospek bisnis bawang merah masih terbuka dengan sangat luas di negeri ini. Berikut adalah cara budidaya bawang merah dalam polybag untuk Anda yang tertarik menjadi petani bawang merah.

Mengapa Polybag?
Menanam bawang merah dalam polybag memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
a. Pengawasan terhadap bawang merah terhadap serangan penyakit/hama serta kekurangan unsur hara akan lebih mudah. Tentunya hal ini dapat menjamin maksimalnya produksi umbi bawang merah dengan kualitas baik.
b. Mudah pula menambahkan nutrien yang dibutuhkan dengan takaran per polybag, tentunya nutrien pun akan tepat sasaran.
c. Polybag berisi bawang merah dapat disusun di rak bertingkat. Lahan yang tidak terlalu luas pun dapat menampung target kuantitas bawang merah yang ingin Anda tanam.
d. Setiap polybag berisi tanaman bawang merah Anda dapat dipindahkan sewaktu-waktu.
e. Anda dapat menggunakan berbagai macam dan komposisi media tanam sesuai kebutuhan.
f. Harga polybag lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pot.
g. Pengadaan polybag mudah karena berbagai toko pertanian jual polybag. Pun praktis dalam hal pengangkutan (bandingkan space pengangkutan 300 kg polybag dan 3000 pot plastik).

Langkah-Langkah Menanam Bawang Merah
1. Menyiapkan media tanam
Media tanam yang diperlukan bawang merah yaitu tanah yang gembur, pupuk kandang/kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan pupuk SP-36 sebanyak 3 gram ditambah 1 sendok kecil furadan per polybag, lalu campur dengan rata. Masukkan dalam polybag, siram air, lalu biarkan terlebih dahulu selama dua hari. Ukuran polybag yang digunakan yaitu 30x40 cm.

2. Menanam dan Memupuk
Tiap polybag ditanami 3 umbi bawang merah dengan jarak 5 cm per umbinya. Umbi ditanam hingga bagian lehernya. Setelah itu umbi-umbi dalam polybag tersebut perlu dipupuk menggunakan pupuk NPK (16-16-16) sebanyak 1 gram per polybagnya. Siramkan pupuk seminggu sekali hingga bawang berumur 6 minggu.

3. Memelihara dengan cara disiram
Bawang merah membutuhkan air yang cukup, tidak kurang namun juga tidak terlalu banyak. Terlalu banyak air akan membuat umbi bawang merah Anda menjadi busuk. Anda perlu menyiraminya satu hingga dua kali sehari di musim kemarau. Namun setelah usianya 2 bulan, penyiraman tidak perlu dilakukan terlalu sering supaya umbi bawang segera tua dan berisi.

4. Memanen
Jika daun tanaman bawang merah Anda telah menguning, leher batang telah kosong, dan umbi telah muncul ke permukaan tanah berwarna kemerahan itu tandanya bawang merah Anda siap dipanen. Biasanya bawang merah untuk dijual (konsumsi) dipanen si usia 3 bulan, sementara bawang merah yang ingin Anda jadikan bibit kembali sebaiknya dipanen diusia 100 hari.  Sebelum dijual bawang merah sebaiknya dijemur sampai kering terlebih dahulu untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Tertarik untuk menjadi petani bawang merah?
Kami, CV. Lim Corporation adalah distributor dan pabrik polybag yang siap menerima pesanan polybag murah untuk pembelian dengan jumlah banyak. Kami menyediakan polybag tanaman yang berkualitas dengan harga yang pantas.
Baca juga Media Tanam Dalam Polybag

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bertani Bawang Merah Dengan Media Polybag"

Posting Komentar