Jumat, 06 Oktober 2017

Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar(Nepenthes)


Kantong semar atau yang memiliki nama latin Nepenthes ini adalah golongan tanaman hias yang cukup banyak dibudidayakan. Selain indah, tanaman ini juga cukup unik sehingga menarik perhatian orang untuk membudidayakannya. Bahkan tanaman kantong semar juga memiliki beberapa manfaat seperti :

- Batangnya dapat digunakan untuk mengobati demam dan batuk
- Akar kantong semar bisa digunakan sebagai obat penyakit desentri
- Daunnya mampu menyembuhkan sakit kulit serta penahan darah
- Nektar atau cairan di bibir kantong semar bisa digunakan untuk mengobati radang mata dan luka bakar.

Ada banyak sekali jenis tanaman kantong semar seperti ampullaria, gracillis, reinwardtiana dan masih banyak lagi. Harga tanaman hias kantong semar juga cukup tinggi di pasaran. Indonesia sendiri memang terkenal sebagai daerah endemik asal dari tanaman ini. Apabila Anda tertarik untuk budidaya kantong semar, berikut ini langkah-langkah budidaya kantong semar yang bisa Anda lakukan :

Mencari Bibit Kantong Semar
Bibit tanaman kantong semar yang bisa Anda pilih adalah ampullaria, gracillis dan reinwardtiana. Jika Anda memilih salah satu bibit tersebut maka akan menghasilkan tanaman hias kantong semar yang bagus. Jadi jangan sampai salah memilih bibit apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik.

Menyiapkan Media Tanam Kantong Semar
Media tanam yang dibutuhkan untuk budidaya kantong semar adalah tanah dan sekam bakar(arang sekam). Ambil tanah dan sekam yang tidak terlalu padat agar bibit bisa tumbuh dengan baik. Media tanam juga tidak boleh terlalu banyak air, jika Anda ingin menggunakan media tanam yang lain, Anda bisa gunakan cocopeat yang dicampur sekam bakar dengan perbandingan 1:1.

Cara Menanam
Untuk menanam tanaman hias kantong semar sangat mudah, berikut ini macam-macam jenis penanaman :

Menanam Menggunakan Biji
Siapkan pot dan isi dengan media yang sudah disiapkan, kemudian basahi dengan sedikit air. Taburkan biji kantong semar perlahan ke dalam tanah
selanjutnya tutup pot dengan plastik tembus cahaya dan beri lubang kecil menggunakan jarum. Tunggu dan biji akan bertunas 1-3 minggu, apabila sudah bertunas maka Anda bisa memindahkannya ke pot yang baru. Potonglah ujung pucuk supaya kantong semar cepat tumbuh.

Menanam Menggunakan Stek Batang
Langkah pertama pilihlah tanaman hias kantong semar berumur 1 tahun atau yang tingginya sudah mencapai 1 meter. Lalu potong batangnya sampai 15 cm dan sisakan 3-4 ruas daun. Kemudian potong setengah helai daun untuk mencegah terjadinya penguapan dan potong lagi sampai pangkal daun agar stek bisa masuk. Selanjutnya tanam batang stek dengan polybag ukuran normal yang dasar dindingnya sudah dilubangi. Sebelumnya olesi terlebih dahulu bagian bawah stek menggunakan pencegah jamur dan hormon pemacu.

Baca Juga :

Lim Corporation, Menyediakan Paranet Jaring Peneduh Kerapatan 60%, 65% dan 75%

Tips Cara Gampang Budidaya Buah & Sayur Dalam Tabulampot

Budidaya Bawang Putih Dengan 5 Langkah Mudah! Mau Coba?

Cara Mudah Menanam Buah Lemon di Pekarangan Rumah



Cara Perawatan Kantong Semar
Langkah selanjutnya dalam budidaya kantong semar adalah perawatannya. Untuk merawat tanaman kantong semar tergolong mudah, sebab tanaman ini tidak membutuhkan nutrisi dan pupuk. Tanaman ini akan mendapatkan nutrisi dari serangga yang ditangkapnya.

Oleh sebab itu letakkan tanaman kantong semar di luar ruangan yang kira-kira terdapat banyak serangga. Atau Anda bisa menangkap serangga dan meletakkannya pada mulut kantong semar. Perlu Anda ketahui lebih lanjut untuk tanaman kantong semar yang di tanam menggunakan biji, bahwa Anda tetap membutuhkan pupuk yang tidak mengandung ammonium dan urea terlalu tinggi.

Kemudian untuk mencegah hama Anda bisa menggunakan sedikit pestisida. Untuk beberapa jenis tanaman kantong semar ada yang membutuhkan cukup cahaya dan ada yang tidak. Jadi Anda harus pintar mengetahui apa saja kelemahan jenis tanaman kantong semar tanaman yang dibudidayakan.

Adapun beberapa jenis tanaman hias kantong semar yang bisa Anda budidayakan yaitu :

Nepenthes Khasiana

Ini adalah spesies kantong semar yang hanya tumbuh di India. Banyak orang yang membudidayakan tanaman ini karena sangat unik dan berbeda dengan tanaman lainnya.






Nepenthes Truncata

Merupakan salah satu jenis tanaman kantong semar yang tumbuh di pulau Mindanao, Filipina. Nepenthes Truncata tumbuh di ketinggian 0-1500 m. Pernah ditemukan tanaman hias ini menangkap tikus sebagai mangsanya karena kantongnya memiliki ukuran yang besar.








Nepenthes Ampullaria

Nepenthes Ampullaria merupakan satu-satunya jenis tanaman kantong semar vegetarian. Karena tanaman jenis ini tidak mempunyai nektar di bibir kantongnya sehingga jarang ada serangga yang terpeleset. Biasanya benda-benda yang pernah ditemukan di dalam kantongnya hanya berupa air dan dedaunan kering. Namun Nepenthes Ampullaria tetap memangsa serangga untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkannya.






Nepenthes Reinwardtiana

Merupakan jenis tanaman kantong semar yang habitatnya sangat banyak di Indonesia. Biasanya Nepenthes Reinwardtiana ditemukan di Kalimantan dan Sumatra. Ukuran kantongnya lumayan besar, bisa mencapai 15 cm dan tanaman ini bisa tumbuh lebih besar lagi jika perawatannya lebih optimal.








Nepenthes Rafflesiana

Nepenthes Rafflesiana memiliki ukuran kantong lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Tanaman kantong semar jenis ini bisa ditemukan di Singapura, Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.









Nepenthes Maxima

Kantong semar yang satu ini merupakan tanaman yang sangat melegenda karena bentuk kantongnya lebih besar dari jenis lainnya. Terlebih di Indonesia pernah ditemukan kantong semar jenis Nepenthes Maxima yang memegang rekor karena mampu menampung air sebanyak 1,5 liter. Kantong semar jenis ini bisa ditemukan di Papua, Maluku, dan Sulawesi.







Nepenthes Aristolochiodes

Tanaman kantong semar Nepenthis Aristolochiodes tumbuh di daerah Jambi dengan ketinggian 2000 meter diatas laut. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari jenis lainnya. Bahkan uniknya lagi bagian pembuka kantong penjebaknya berbentuk vertikal dan ada penutup di depannya.





Nepenthes Villosa

Nepenthes Villosa di Gunung Kinabalu dan Gunung Tambuyukan Kalimantan  ini tumbuh pada ketinggian yang lebih tinggi daripada spesies Nepenthes Borneo lainnya, terdapat pada ketinggian di atas 3.300 m.









Nepenthes Gymnamphora

Nepenthes Gymnamphora biasanya ditemukan di Jawa dan Sumatra. Kata Gymnamphora berasal dari bahasa Yunani yaitu gymnos (berleher) dan amphoreus (kantong). Oleh karena itu tanaman kantong semar ini dikenal dengan kantong semar berleher.








Nepenthes Diatas

Tanaman yang banyak ditemukan di Sumatra ini tumbuh pada ketinggian 2400-2900 mdpl. Banyak orang yang ingin membudidayakan kantong semar jenis Nepenthes Diatas ini karena bentuknya yang sangat unik.









Jenis tanaman kantong semar memang banyak sekali dan ada yang tidak bisa ditemukan di Indonesia. Bentuknya juga unik dan berbeda-beda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Karena keunikannya tersebut banyak orang yang membudidayakan untuk dijadikan bisnis ataupun hanya sebagai tanaman penghias. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman kantong semar?

Apabila Anda butuh Paranet untuk naungan tanaman hias Anda silahkan hubungi :
Call/SMS/WA : 0852,3392,5564 atau 0877-0282-1277. Info daftar harga klik DISINI.

Cukup sekian dulu perjumpaan kita kali ini, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar