Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Hias Untuk Pemula


Budidaya Tanaman Hias menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Karena saat ini banyak orang yang memanfaatkan tanaman hias untuk mempercantik rumah. Selain itu, untuk pemasarannya tanaman hias juga cukup mudah. Ada banyak sekali aneka tanaman hias yang dapat Anda budidaya. Setiap tanaman hias memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri untuk dijadikan hiasan di rumah agar menjadi lebih indah.

Usaha budidaya tanaman hias dapat menjadi hulu dari industri tanaman hias yang besar. Hanya saja untuk menjalani bisnis ini perlu kiat khusus agar lebih berhasil. Ini karena persaingan yang semakin ketat dengan pemain lama yang sudah menguasai pasar. Bagi Anda yang ingin dan hendak usaha budidaya tanaman hias, berikut panduan yang perlu Anda pertimbangkan.

Fokus Pada Beberapa Jenis Tanaman
Untuk pemula hindari tanaman hias yang terlalu beragam untuk dibudidaya. Anda dapat memilih beberapa jenis tanaman saja kemudian fokus pada teknik budidaya tanaman pilihan Anda dengan cara yang paling menguntungkan. Di samping itu, jenis tanaman hias yang minim, Anda akan lebih fokus dan optimal.

Pilihlah Tanaman Hias Yang Abadi Pasarannya Sebagai Back Up
Dalam budidaya tanaman hias ada dua jenis tanaman dari sisi penjualan yang perlu diperhatikan. Hal pertama yaitu jenis tanaman hias yang paling banyak permintaannya dan stabil dari tahun ke tahun, dan jenis tanaman hias musiman. Anda dapat memanfaatkan tanaman hias musiman untuk meningkatkan pendapatan Anda. Namun Anda juga harus memiliki budidaya tanaman hias yang memiliki pasar stabil agar usaha yang Anda jalani tetap berjalan.

Baca Juga :


Lokasi Sesuai Dengan Karakter Tanaman Hias
Ada beberapa tanaman hias yang bisa tumbuh optimal di daerah dengan suhu rendah, seperti dataran tinggi, atau sebalaiknya tanamn akan jauh lebih sehat jika ditanam di kondisi dataran rendah. Sebelum Anda menjalani bisnis tanaman hias, maka Anda perlu mengetahui jenis tanaman yang cocok di lingkungan Anda.

Peka Terhadap Trend Dan Perkembangan Pasar
Kurang lebih seperti apa yang sudah dijelaskan tadi, untuk menjalani bisnis tanaman hias perlu anda pahami trend tanaman hias yang muncul di pasaran. Hal ini karena penjualan tanaman hias saat sedang trend pasti akan meingkatkan pendapatan Anda. Tetapi apabila masa kepopuleran tersebut telah meredup anda harus mengetahui dan mengambil langkah lain agar tidak terjebak dalam kerugian besar.

Bangun Hubungan Dengan Pengepul Tanaman Hias
Dalam budidaya tanaman hias Anda harus memiliki hubungan yang baik dengan pengepul tanaman hias. Menjual tanaman pada pengepul memang kurang menguntungkan, namun bisanya para pengepul mampu bermain dalam membangun trend. Mereka semua ahli dalam menggiring pasar untuk menciptakan trend sehingga dalam hal ini Anda akan mendapatkan informasi yang menguntungkan. Selain itu, menjadi suplier bagi pengepul dapat membantu Anda menjaga agar tetap memiliki penjualan walaupun dengan skala kecil.

Info lengkap & terupdate tentang Pertanian & Perkebunan, klik DISINI.

Demikian artikel pada hari ini, apabila Anda membutuhkan Paranet, Langsung saja hubungi kami :
Call/SMS/WA : 0877-0282-1277 atau 0812.3258.4950.


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement