Selasa, 23 Mei 2017

Plastik UV 6% Untuk Penjemuran atau Pengeringan Hasil Panen


Melakukan usaha di bidang Agrobisnis ini bisa di bilang tidak lah terlalu sulit namun juga tidak bisa di bilang mudah. Kita perlu memiliki keuletan dan ketekunan di dalam melakukannya. Masalah yang sering terjadi pada Agrobisnis ini adalah Serangan hama dan Cuaca yang terkadang kurang bersahabat dengan pertumbuhan tanaman ini. Sehingga membuat para pengusaha Agrobisnis ini mengakalinya dengan berbagai cara, tergantung seberapa besar modal yang mereka keluarkan.

Saat ini beberapa Pulau di Indonesia khususnya pulau Jawa sering diguyur hujan walau tengah musim kemarau. Terkadang hujan yang turun terlalu lebat sehingga bisa merusak Tanaman-tanaman milik kita. Fenomena alam ini terkadang sulit kita prediksi sehinga memaksa kita untuk mencari cara bagaimana proses produksi sampai sistem pengeringan hasil panen tetaplah berjalan meskipun tengah hujan yang sangat lebat. Terkadang masih banyak beberapa pelaku usaha di bidang Agrobisnis ini yg tidak memiliki modal yang besar, sehingga sistem penjemuran dan proses pengeringan yang mereka lakukan masih mengandalkan cahaya matahari.

# Baca juga Manfaat Plastik UV Untuk Greenhouse

Proses Pengeringan/Penjemuran hasil panen ini sendiri adalah sebuah cara untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari hasil tanam dengan cara menguapkan sebagian besar air yang dikandungnya dengan menggunakan energi panas. Penurunan kandungan air biasanya dilakukan sampai mencapai kadar air tertentu sehingga enzim dan mikroba penyebab kerusakan bahan pangan menjadi tidak aktif atau mati.

Proses Pengeringan Lebih Cepat & Kualitas Lebih Baik Jika Menggunakan Plastik UV
Proses pengeringan ini biasanya untuk mengolah komoditas pertanian. Pengeringan komoditas pertanian ini dapat meningkatkan nilai ekonomis produk. Namun, terkadang pada saat proses pengeringan berlangsung terjadi masalah, apalagi pengeringan ini dilakukan hanya dengan memanfaatkan cahaya sinar matahari. Sehingga proses pengeringan tersebut sangat bergantung pada cuaca, luasan alas jemur dan lain-lain.  Oleh sebab itu, perlu dilakukan sebuah upaya sederhana, ekonomis dan dapat mengatasi masalah dalam proses pengeringan komoditas pertanian, salah satunya dengan menggunakan Plastik UV (Ultra Violet).

Kenapa harus menggunakan plastik UV? Karena plastik UV memang didesain pemakaiannya untuk atap greenhouse dan terdapat bahan tertentu sehingga membuat plastik ini tetap awet, tidak mudah rusak oleh perubahan cuaca panas ataupun hujan. Plastik UV ini memiliki ketebalan 200 mikron (0,20) jadi lebih tebal dan kuat dibanding plastik biasa. Kalau menggunakan plastik bening biasa dikuatirkan akan mudah robek, membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar.

Selain lebih awet tahan terhadap cuaca panas dingin, plastik uv juga memiliki banyak manfaat kalau digunakan dalam proses pengeringan biji-bijian atau hasil panen lainnya. Kandungan zat aditif dalam plastik uv dapat menahan sinar ultra violet yang dapat merusak cita rasa atau kualitas, sehingga hasil panen yang dijemur dengan menggunakan plastik uv memiliki kualitas yang lebih baik, rasanya lebih enak, dan tidak mudah rusak.

Dalam proses penjemuran, plastik UV dipakai sebagai atap dan alas penjemuran. Tujuannya agar proses pengeringan bisa berjalan lebih cepat. Untuk proses penjemuran atau pengeringan sebaiknya gunakan plastik uv dengan kandungan uv protektor 6%, agar intensitas panas matahari yang masuk masih besar. Semakin tinggi kandungan uv protektornya, warna plastik uv akan makin redup (gelap), sehingga makin sedikit panas matahari yang masuk ke lahan pengeringan.

Plastik UV dapat dimanfaatkan untuk proses pengeringan berbagai hasil panen seperti: padi, kacang, kedelai, jagung, kopi, teh, kakao, ikan, rumput laut, dll. Selain itu, Plastik UV juga bisa anda gunakan untuk pengeringan pada industri batu bata, genteng, batako, paving, kerupuk, makanan ringan, dll.

# Jangan lewatkan Selang Plastik Untuk Pertanian Harga Murah

Plastik  UV Lokal dan Import VATAN
Kami menjual plastik UV dengan kandungan UV protektor 6% dan 14%, lokal dan import, dengan lebar: 3m, 4,2m, 6m, dan 8m.Untuk plastik UV Lokal merk HERCULES hanya tersedia lebar 3m, berat 56-57 kg per roll. Sedangkan plastik UV Import merk VATAN Istanbul Turki lebarnya mulai 3m sampai 8m.

Biasanya kalau untuk green house menggunakan kandungan UV yang 14%. Sedangkan untuk proses penjemuran dan pengeringan sebaiknya memakai kandungan UV yang 6%. Semakin besar kandungan UV protektor maka plastik akan semakin buram (gelap). Ukuran plastik UV pun beragam, ada yang lebar 3m, 6m, dan 8m, tebal 200 mikron (0,20), berat sekitar 55-56kg per roll. Dengan dipayungi atap dari plastik uv maka tidak repot lagi kalau tiba-tiba hujan turun, tidak repot-repot harus membereskan jemuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar