Cara Budidaya Tanaman Zaitun

Selain tanaman hias tanaman Zaitun adalah alternatif lain untuk menjadikan halaman atau pekarangan rumah anda menjadi kian lebih indah. Menanam zaitun bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa tips penting terkait partumbuhan zaitun yang harus diketahui sebelum menanam agar bisaberkembang biak dengan baik. Pohon zaitun bisatumbuh di tanah dan juga di pot. seTelah zaitun selesai ditanam dan terlihat hasilnya zaitun akan tumbuh tanpa memerlukan perhatian ekstra.

Dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang tips bagaimana cara menanam pohon zaitun di taman rumah, Zaitun bisatumbuh di musim dingin dan musim panas. Meskipun dengan temperature dingin tidak berbahaya. Namun es bisamempengaruhi pertumbuhan buah zaitun.
Pastikan bahwa musim mekar di musim panas, karena penyerbukan utama pada tanaman melalui angin. Iklim basah juga bisamempengaruhi penyerbukan. Pohon zaitun bisarusak jika tanah terlalu lembab dan basah. Selalu pastikan bahwa Anda menanam zaitun di daerah dengan tanah yang baik. Jika menanam dalam pot, pastikan bahwa Anda menggunakan tanah yang bisamendukung pengairan yang baik. Pastikan bahwa tanah mendukung drainase (kualitas air tanah). Gunakan pupuk sambil mempersiapkan tanah untuk menanam buah zaitun. Tanah harus lebih lebar, agar bisamembantu pertumbuhan akar yang baik.
Menambahkan pupuk kompos bisamemberikan nitrogen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Baca Juga :  Jual Selang Plastik PE Untuk Pertanian dan Perkebunan

Kita bisa menanam buah zaitun baik secara langsung di tanah atau di pot. Siapkan tanah, yang memungkinkan terjadi drainase yang tepat.
Tambahkan juga pupuk kandang. Sesudah ditanam pastikan  tanaman berada di bawah sinar matahari langsung. Saat pohon tumbuh sangat lambat, pemangkasan tidak selalu dibutuhkan. Tanaman yang tumbuh pot bisatumbuh sedikit lebih cepat. Dalam kasus tersebut, Anda perlu melakukan pemangkasan. Pangkas cabang yang tidak diinginkan untuk mendukung pertumbuhan pohon. Pohon zaitun bisa mengalami serangan hama verticillium yang bisamengakibatkan tanaman layu. Hal ini bisamempengaruhi pertumbuhan normal dari tanaman. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan insektisida.

Pohon zaitun yang umurnya sudah  1 tahun bisa dengan relative mudah menghasilkan 3 pohon zaitun baru dengan teknologi micro-cutting di salah satu cabang atau rantingnya. Teknik ini hanya memerlukan 4 sampai 6 ruas daun sekitar 10 cm cabang atau ranting untuk bisa menjadi bakal pohon baru. Setelah tahun ini (pohon usia 1 tahun)  menghasilkan 3 pohon baru, tahun depan akan ada minimal 3 cabang yang bisa dipotong lagi masingmasing menjadi 3 bibit baru. Artinya pohon yang setahun sekarang, ketika usianya dua tahun dia bisa menghasilkan 9 pohon baru plus 3 dari tahun sebelumnya, begitu seterusnya.

Jangan Lewatkan : Cara Mudah Menanam Buah Lemon di Pekarangan Rumah

Dalam tujuh tahun sampai tahun 2020, satu pohon zaitun yang sekarang berumur satu tahun setelah beranak-pinak, insyaallah bisa menghasilkan sekitar 7 juta pohon. Ini dimungkinkan dengan teknik micro-cutting – yang hanya membutuhkan cabang atau ranting kecil sepanjang sekitar 10 cm yang terdiri dari 4 sampai 6 ruas daun tersebut di atas. Dibutuhkan luasan lahan sekitar 43 juta hektar untuk menanam pohon sejumlah ini atau sekitar 5 kali luasan tanaman kelapa sawit yang ada di Indonesia saat ini. 43 juta hektar lahan adalah setara kurang lebih 22 % dari luasan Indonesia.

Bukan berarti kita akan menanami 22 % lahan Indonesia dengan zaitun, tetapi matematika ini untuk menunjukkan bahwa bahkan kalau kita mau memenuhi Indonesia dengan pohon zaitun-pun; benih yang sekarang ada sangat cukup untuk melakukannya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement