Minggu, 23 Juni 2013

Potensi Pengembangan Komoditi Kelapa Sawit di Sulteng

Sebagai tanaman penghasil minyak sawit dan inti sawit kelapa sawit merupakan salah satu primadona tanaman perkebunan yang menjadi sumber penghasil devisa non migas bagi Indonesia. Semakin membaiknya prospek komoditi minyak kelapa sawit dalam perdagangan minyak nabati dunia telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacu pengembangan areal perkebunan kelapa sawit di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatra, Kalimantan, tak terkecuali di Sulawesi, khususnya Sulawesi Tengah (Sulteng).

Berkembangnya sub‐sektor perkebunan kelapa sawit di Indonesia tidak lepas dari adanya kebijakan pemerintah yang memberikan berbagai insentif, terutama kemudahan dalam hal perijinan dan bantuan subsidi investasi untuk pembangunan perkebunan rakyat dengan pola PIR‐Bun dan dalam pembukaan wilayah baru untuk areal perkebunan besar swasta.

Menurut informasi setempat, daerah yang potensial untuk pengembangan sawit di Sulteng adalah Kabupaten Morowali dan Banggai. Infrastruktur relatif memadai, khususnya di daerah Morowali karena dekat dengan pelabuhan.

Bahkan saat ini tersedia lahan yang cukup besar untuk pengembangan kelapa sawit. Menariknya status lahan tersebut bukan lahan hutan melainkan tanah masyarakat. Sehingga lebih mudah dialihkan menjadi perkebunan kelapa sawit. Demikian disampaikan sumber setempat.

Wilayah Potensi Pengembangan Komoditi Kelapa Sawit di Sulteng 

NO    NAMA DAERAH             LUAS LAHAN                                               STATUS LAHAN

1      Kabupaten Banggai       Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 6.404     Perkebunan Rakyat
       
2      Kabupaten Buol             Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 1.260     Perkebunan Rakyat
       
3      Kabupaten Donggala     Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 6.837     -

4      Kabupaten Morowali     Lahan yang sudah Digunakan (Ha): 8.095     Perkebunan Rakyat
       

Kebutuhan Polybag

Untuk pembenihan kelapa sawit tentu membutuhkan plastik polybag dalam jumlah yang sangat banyak. Pastikan kebutuhan polybag Anda pada kami, CV. LIM CORPORATION siap melayani kebutuhan polybag baik ukuran kecil (babybag) maupun polybag ukuran besar. Kami sudah sangat berpengalaman melayani pelanggan di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatra, Kalimantan, Silawesi, Maluku, NTT, NTB, dan Papua. Transaksi DIJAMIN SANGAT AMAN.

Untuk info harga plastik polybag silahkan hubungi kami:
- SMS / Call : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564
- Phone : 031-8830487
- Email: limcorporation2009@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar