Mengenal Mulsa, Perangkat Terbaik Agribisnis Intensif

Bergerak di bidang agribisnis, baik dalam skala kecil maupun besar membutuhkan kesungguhan cara bercocok tanam terbaik, efektif, efisien dan terukur. Hal ini sangat penting untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas tanaman produktif dan bernilai ekonomis yang akan kita panen. Untuk itulah kehadiran mulsa sangat penting untuk memastikan segala hal yang diinginkan tersebut.

Apakah Mulsa Itu?
Mulsa adalah perangkat penutup tanah di antara tanaman yang kita pelihara. Manfaat Mulsa sangat penting untuk melindungi permukaan tanah dari terpaan hujan, erosi, menjaga kelembaban tanah, struktur tanah, dan kesuburan tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma (rumput liar).

Mulsa Melindungi dan Menjaga Kesuburan Tanah
Mulsa melindungi permukaan tanah sehingga kesuburan dan cadangan air tanah lebih efektif untuk menyuplai kebutuhan tanaman. Hal ini sangat membantu tanaman selalu dalam kondisi yang fit, baik, sehat dan sempurna. Keberadaan air tanah yang cukup terjaga di balik mulsa menyangga (buffer) suhu tanah agar tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Di Bawah Mulsa, Tempat Terbaik Hidup Cacing
Untuk melakukan proses penanaman organic, keberadaan kompos di bawah mulsa sangat penting. Kompos atau sisa tanaman akan melapuk dan membusuk. Sisa tanaman dapat menarik binatang tanah (seperti cacing). Akibat kelembaban tanah yang tinggi di balik Mulsa, didukung dengan tersedianya bahan organik sebagai makanan cacing, maka di bawah mulsa menjadi tempat favorit cacing, bakteri dan hewan lain yang bermanfaat untuk kesuburan tanah. Adanya cacing dan bahan organik ini akan membantu memperbaiki struktur tanah.
• Keberadaan kompos atau mulsa oragnik di bawah mulsa plastik akan sangat membantu pada proses:
• Meningkatkan kesuburan tanah karena menambah bahan organik
• Meningkatkan peresapan air yang cukup dan merata untuk membentuk tekstur tanah humus
• Selain cacing, kompos juga membantu meningkatkan kehidupan jasad mikro dan makro di dalam tanah
• Membantu dan menjaga kelembaban tanah

Mulsa Melindungi Tanah dari Erosi
Saat musin hujan, tanah rawan erosi. Erosi kecil saat air mengalir di atas permukaan tanah akan menggerus struktur tanah yang sudah terbentuk sebelumnya. Erosi juga dapat dengan mudah mengangkut zat hara yang telah berkembang pada proses memulai bercocok tanam. Hal ini tidak hanya menganggu pada proses menjaga dan melindungi kesuburan tanah. Akan tetapi juga menyulitkan kepastian bercocok tanam yang efektif, efisien dan terukur.

Mulsa plastik menjaga tanah dari terpaan air hujan. Peran langsung mulsa adalah melindungi permukaan tanah dari pukulan butir-butir hujan. Dengan demikian erosi dapat dicegah dan susunan tanah, struktur tanah dan segala mikrobiotik serta cacing dalam tanah akan tetap tumbuh nyaman berkembang biak.

Mulsa Plastik, Cara Paling Efektif dan Aman Menghambat Pertumbuhan Gulma
Gulma adalah tumbuhan yang paling mengganggu pada proses bercocok tanam. Keberadaan gulma akan menyedot banyak nutrisi yang harusnya menjadi santapan tanaman produktif. Gulma juga menganggu stabilitas kelembaban dan struktur tanah yang telah kita bentuk.
Karena itu, keberadaan gulma membuat kita semakin sulit mengukur ketersediaan nutrisi yang cukup untuk tanaman. Mulsa yang tersebar merata di bawah tanaman akan menyulitkan gulma tumbuh dan berkembang. Dengan demikian pola bercocok tanam kita jauh lebih efektif dan terukur.

Keuntungan Mulsa Palstik
Menggunakan mulsa plastik adalah alternatif terbaik. Boleh kita menambahkan bahan mulsa dari berbagai jenis tanaman, namun pilihan terbaik adalah tetap menggunakan mulsa plastic sebagai penutup paling atas. hal ini dimaksudkan agar tidak berkembang penyakit-penyakit tanaman akibat dari proses organik kompos. Penggunaan mulsa plastic pada permukaan tanah paling atas akan menutup pergerakan sisa gulma yang tersisa dan memiliki akar untuk tumbuh kembali. Kepastian ini akan sangat membantu efisiensi dan terukurnya kondisi tanah untuk menjaga pertumbuhan tanaman produktif yang mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi.

Penggunaan Mulsa Plastik, Cara Agribisnis Intensif dan Efektif
Dari keterangan di atas, maka sudah dapat kita simpulkan bahwa penggunaan mulsa plastic sangat penting pada sistem agribisnis yang intensif dengan jenis tanaman bernilai ekonomis. Mulsa plastik sangat membantu terukurnya kondisi tanah dengan mengurangi penguapan air dari tanah dan menekan hama dan penyakit serta gulma. Lembaran plastik mulsa dibentangkan di atas permukaan tanah untuk melindungi tanaman. Berikut rangkuman keuntungan menggunakan mulsa plastic hitam perak pada proses agribisnis.

Membasmi Pertumbuhan Hama
Mulsa palstik Warna perak dan UV yang terdapat pada mulsa akan memantulkan sinar matahari. Hal ini sangat membantu pembasmian hama dan binatang pengganggu lainnya.

Lebih Hemat Biaya
Banyak baiaya yang dapat dihilangkan, seperti pemeliharaan dan penggemburan ulang tanah, biaya irigasi tambahan, dan juga menjaga kesuburan tanah dengan mencegah pupuk terbawa oleh air hujan ataupun erosi.

Kesuburan Tanah Lebih Terjaga
Tanah subur dan gembur pada pengolahan sebelum tanam akan stabil terjaga. Hal ini karena mulsa menjaga suhu, kelembaban tanah serta mikro biotik di dalam tanah di bawah mulsa nyaman hidup membantu proses penggemburan. Proses pemupukan yang dilakukan sebelum penanaman menjadi lebih merata dengan ditutupi mulsa.

Potensi Panen Lebih Banyak
Segala kondisi yang efektif dan terukur di atas sangat membantu produktifitas tanaman tumbuh dengan baik, dengan asupan nutrisi yang baik pula. Ditunjang keberadaan mulsa membantu mengurangi resiko tanaman dari penyakit dan virus dan bakteri pengganggu. Jika kondisi demikian terjaga selama proses agribisnis kita, maka potensi panen akan meningkat dengan kualitas yang lebih baik.
# Baca juga Plastik Mulsa Kualitas Bagus Harga Murah.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement