HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Belimbing Madu Pasti Berhasil | Polybag

Jual Polybag Harga Pabrik - Lim Corporation

Sebelum memulai menanam belimbing madu, perlu diketahui syarat-syarat tumbuh tanaman ini agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Tanaman belimbing madu merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh dengan baik di lokasi ketinggian sampai dengan 500 mdpl. Dapat beradaptasi dengan baik ditempat yang curah hujannya rendah. Curah hujan yang tinggi akan berakibat bunganya mudah gugur sehingga gagal berbuah. Sebaiknya ditanam di tempat yang terbuka dengan intensitas cahaya matahari antara 45 – 50%, meskipun cukup toleran juga ditanam di tempat yang teduh. Media tanamnya yakni tanah yang gembur, subur dan kaya akan bahan organik, mempunyai drainase dan aerasi yang baik dan dengan tingkat keasaman tanah antara 5,5 – 7,5. Kandungan air tanah yang digunakan berada di kedalaman 50 – 200 m di bawah permukaan tanah.

Baca Juga :
PEMILIHAN BIBIT Ketika menanam tanaman belimbing madu dilahan rumah sendiri, tentu Anda mengharapkan bisa segera memperoleh hasil yang baik. Pilihlah bibit hasil okulasi atau cangkok dengan kriteria tinggi antara 50 – 100 cm saat mau ditanam, harus dalam kondisi sehat, tidak terkena hama atau penyakit, batangnya utuh atau tidak cacat dan berwarna cokelat, daunnya berwarna hijau mengilap, serta akar tanaman tidak keluar dari polybag. PERSIAPAN LAHAN TANAM Lahan tanam juga menjadi salah satu penentu keberhasilan berbudidaya belimbing madu. Langkah pertama gemburkan lahan yang telah dipilih sebagai lokasi penanaman. Buatlah lubang tanam yang berukuran 50 x 50 x 50 cm. Jika ingin menanam lebih dari satu bibit, beri jarak antarlubang tanam menyesuaikan luasnya lahan yaitu antara 50 cm sampai 1 meter. Masukkan 5 kg pupuk kandang untuk setiap lubang tanam dan biarkan selama 1 – 2 minggu sebelum ditanami. PENANAMAN Pilihlah waktu saat pagi hari sehingga cuaca tidak terik atau panas. Sirami dahulu bibit sebelum ditanam lalu lepaskan polybag dengan hati-hati agar media tanam yang melekat pada akar tidak terlepas. Masukkan bibit ke lubang tanam, pastikan posisinya dapat tegak lurus di tengah-tengah lubang. Tutup lubang tanam dengan tanah galian lalu dipadatkan. Agar tanaman tidak mudah roboh dimasa awal pertumbuhannya, ikat pada tonggak penyangga.

PERAWATAN/PEMELIHARAAN Sirami tanaman belimbing madu setiap hari(terutama diawal masa tanam) dengan air bersih minimal sehari sekali. Jika tanaman sudah dewasa, tidak perlu lagi sering-sering menyirami kecuali cuaca sangat panas dan kering. Agar tanaman bisa cepat menghasilkan buah dan produktif, mulai tiga bulan setelah penanaman diberikan pupuk NPK. Setelah berumur satu tahun berikan campuran 100 gr urea, 100 gr SP-36, dan 100 gr KCL. Diusia 2 tahun, perlu tingkatkan dosis pemupukan menjadi 150 gr urea, 100 gr SP-36, dan 150 gr KCL. Ditahun ketiga, perlu ditingkatkan lagi dosisnya dengan menambahkan 50 gr untuk tiap jenis pupuk. Begitu juga pada tahun keempat. Berikan tambahan dosis sebanyak 50 gr untuk tiap jenis pupuk. Setelah pada tahun kelima, dosis pupuk perlu dikurangi menjadi 75 gr urea dan 150 gr SP-36. Dosis ini diterapkan pada satu tanaman. Cara pemberiannya dengan ditebar pada jarak 10 – 100 cm dari batang pokok.
Seperti tanaman-tanaman lainnya, belimbing madu tidak bisa tumbuh baik apabila ada tanaman pengganggu. Harus rajin menyiangi rumput liar, gulma, dan tanaman pengganggu lainnya di sekitar tanaman belimbing madu minimal 1 – 2 minggu sekali. Adapun cara untuk mencegah serangan hama dan penyakit, dengan semprotkan pestisida atau fungisida tiap tiga bulan sekali dengan dosis sesuai anjuran. Jika ada bagian tanaman yang terlanjur terserang hama atau penyakit harus segera singkirkan atau buang. Agar buah yang dihasilkan dapat lebih berkualitas, ketika tanaman sudah mulai menghasilkan buah lakukan penjarangan. Buanglah calon-calon buah yang bentuknya tidak sempurna dan terlihat tidak sehat. Sisakan 3 – 4 buah untuk tiap tandannya. Bungkus buah dengan plastik atau kertas untuk menghindari dari serangan hama.

PEMANENAN Anda dapat mengharapkan tanaman belimbing madu yang Anda tanam mulai berbunga 4 – 5 tahun setelah penanaman jika kondisi cuaca setempat dan tanah pada lahan yang digunakan sangat mendukung. Pada 65 – 90 hari setelah bunga mekar atau 35 – 60 hari setelah pembungkusan buah belimbing madu siap dipanen. Ciri-ciri buah yang siap dipanen yaitu ukurannya sudah maksimal dengan warna kekuningan. Setelah buah dipanen, simpanlah di tempat yang sejuk untuk menjaga kesegarannya. Semoga dapat membantu anda untuk berbudidaya Buah Belimbing Madu.


Banner Polybag 18

Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Belimbing Madu Pasti Berhasil | Polybag"

Posting Komentar