Berikut Ini Adalah Cara Menanam Serta Budidaya Bayam

Jual Polybag Kuat & Murah - Lim Corporation

Sayuran bayam ialah sayuran hijau yang sangat tinggi protein juga zat besinya. Dari sejarahnya tanaman bayam ialah tanaman hias sebab bentuk dauunnya yang unik. Akan tetapi, lama kelamaan bayam berubah manfaat jadi sayuran konsumsi. Bayam ialah tanaman yang mudah dibudidayakan. Bayam mempunyai nama Latin Amaranthus spp. Serta berasal dari daerah tropis di Amerika.

Bayam mempunyai 2 jenis yang populer di masyarakat. Mereka ialah bayam hijau dan bayam merah. Bayam yang hijau mempunyai batang hijau keputihan, serta daunnya tidak selebar bayam merah. Sebaliknya jenis yang kedua yakni bayam merah mempunyai daun yang sangat lebar serta warnanya hijau kemerahan. Kedua jenis ini bisa dibudidayakan sama mudahnya.

Baca Juga :

Akan tetapi sebelum mengetahui cara menanam bayam, terlebih dulu terdapat syarat tumbuh bayam yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Tanaman bayam tumbuh subur di daerah yang curah hujannya tergolong lumayan tinggi. Kisaran curah hujan daerah yang cocok menanam bayam ialah berkisar 1.500 mm per tahunnya.
  • Daerah yang cocok buat budidaya bayam ialah daerah yang mempunyai sinar matahari lumayan banyak serta kelembaban udaranya sekitar 40% sampai 60%.
  • Kadar keasaman tanah yang pas buat budidaya bayam ialah tanah dengan pH normal yakni 7.
  • Tanamlah bayam waktu intensitas hujan tinggi yakni di awal musim hujan.
Syarat-syarat tumbuh bayam tersebut bersifat mutlak. Bila salah satu syarat tidak terpenuhi, lalu bayam yang dihasilkan kualitasnya tidak akan maksimal. Dan juga bayam tidak berhasil tumbuh serta dibudidayakan. Sebab karena itu, persiapkan rencana budidaya bayam Anda dengan memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut.



Cara Menanam serta Budidaya Sayur Bayam Hijau dan Merah:

1. Pemilihan bibit

Bibit buat membudidayakan bayam diharuskan memenuhi standar bibit yang unggul serta kualitasnya bagus. Bibit bayam bisa dibeli di toko-toko pertanian. Akan tetapi, pastikan bibit tersebut berasal dari induk yang bebas hama serta penyakit dan kemampuan perkecambahannya lebih dari 90%. Bila bibit yang sangat bagus kualitasnya sudah Anda perloleh segera lakukan persemaian bibit.

2. Persemaian bibit

Mulailah menyemai bibit dengan menyiapkan lahan persemaian. Lahan persemaian yaitu campuran dari tanah serta pupuk dengan perbandingan 1 : 1. Tanamlah bibit pada lahan persemaian serta tutup kembali dengan memakai tanah yang sama. Berikan pengairan yang cukup dan tunggu sampai seminggu hingga muncul daun sempurna. Bila sudah maka bibit telah siap dipindahkan ke media tanam.

3. Persiapan media tanam

Media tanam sebelum ditanami bibit hasil persemaian, terlebih dulu perlu melalui proses pengolahan. Pengolahan dilakukan dengan menggemburkan tanah juga membersihkan tanah dari tanaman pengganggu. Bila media tanam sudah digemburkan dan bersih, campurkanlah tanah sama pupuk kandang. bila sudah diamkan tanah selama 1 minggu. Sesudah tanah siap buatlah bedengan serta pastikan setiap bedengan mempunyai jarak buat pertumbuhan tanaman. Persiapkan lubang-lubang tanam dari bedengan dengan kedalaman 30 cm. Bila lahan telah siap, lalu bibit hasil persemaian bisa segera ditanam.



4. Penanaman

Pindahkan bibit hasil persemaian dengan hati-hati serta pindahkan sampai akar-akarnya. Masukkan bibit hasil semai ke dalam lubang tanam serta tutup kembali dengan media tanam yang sudah disiapkan. Pastikan kecukupan air buat tanaman selalu terjaga. Sehingga sangat disarankan buat menanam bayam di musim hujan.

5. Perawatan

Tanaman bayam perlu melalui perawatan juga seperti tanaman pada umumnya. Macam-macam perawatan tanaman bayam ialah pengairan, pemupukan, penyulaman, dan juga pemangkasan. Pengairan pada tanaman bayam dilaksanakan secara rutin. Jangan biarkan bayam kekeringan sebab kekurangan asupan air. Sedangkan buat pemupukan, pupuk yang dipakai bisa pupuk organik maupun non-organik sesuai jenis bayam yang mau dibudidayakan. Berikan pupuk dengan dosis sekitar 0,5 kg per tanaman. Lakukan pula penyulaman pada tanaman-tanaman yang sesudah 7 hari penanaman tidak menunjukkan pertumbuhan yang baik. Segera ganti dengan yang baru demi mencegah penyebaran hama serta penyakit, bila bibit yang rusak tersebut diakibatkan dari hama atau penyakit. Perawatan terakhir dilakukan dengan pemangkasan. Pemangkasan tumbuhan pengganggu secara rutin bisa membantu mempercepat pertumbuhan tanaman bayam.

6. Pemanenan

Lakukan pemanenan bayam kira-kira sesudah usia 1 bulan. Ciri-ciri bayam siap panen ialah bayam yang tingginya sekitar 15 hingga 20 cm serta belum berbunga. Lakukan pemanenan  disaat pagi hari ataupun sore hari buat menghindari bunga shock dari sinar matahari.  Pastikan bat menyimpan bayam pada tempat yang tepat sebelum dipasarkan.

Berikut tadi adalah beberapa langkah dari cara menanam bayam. Pastikan bayam yang Anda budidayakan sehat serta tidak berpenyakit sebelum diperjualbelikan.


Polybag adalah kantong plastik berwarna hitam yang biasanya digunakan untuk bertanam sebagai pengganti pot, atau lebih sering digunakan untuk tempat pembenihan tanaman. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargapolybag

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement