Rabu, 03 Februari 2016

Mengenal Lebih Dekat Buah Tin

Apa Itu Buah Tin?
Nama buah Tin atau buah Ara mungkin saja untuk beberapa orang mungkin agak asing mendengarnya, untuk umat muslim pastinya tahu lantaran didalam Al-Quran ada surat serta ayat yang menuturkan mengenai buah Tin. Tetapi banyak orang yang memanglah tidak sering lihat buah aslinya. Ya, memanglah di Indonesia masihlah cuma ada sedikit orang yang berusaha untuk mengembangbiakannya. Hal semacam ini karena banyak yang berpikir susah untuk mengembangbiakkannya atau susah untuk memperoleh bibit dari negara aslinya.

Buah Tin sekarang ini tengah naik daun di negeri serumpun, Indonesia serta Malaysia. Di semenanjung Malaysia saat ini bermunculan pekebun tin Ficus carica. Marzuki Safiee di Kajang, negara sisi Selangor, 45 menit bermobil dari ibukota Malaysia, menyampaikan, orang-orang menyukai buah tin lantaran citarasa begitu enak, lembut, serta gurih. Argumen lain lantaran? argumen? keagamaan, yaitu kitab suci agama sebagian besar mereka menyebutkan tin di surat ke-95, yaitu At Tin.

Marzuki membedakan harga jual buah tin berdasar pada warna buah, yakni merah serta hitam. Ia jual tin berkulit merah seperti varietas misui douphine, super jumbo hybrid, serta brown turkey RM75 setara Rp225. 000 per kg, sedang tin kulit hitam diantaranya varietas manresa, black mission, serta albacore RM200 setara Rp600. 000 per kg. Ketidaksamaan rasa serta produktivitas yang membedakan harga keduanya.

Trend tin Malaysia sesungguhnya nyaris berbarengan waktunya dengan di Indonesia. Sekitar dua tahun tin merebut perhatian beberapa pehobi serta pekebun di Indonesia. Beberapa pehobi menyebar di beberapa kota seperti Jakarta, Kediri serta Mojokerto (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Sleman, (Yogyakarta). Menurut Fauzi Effendi, petani di Jakarta Selatan, beberapa pehobi tertarik tin lantaran harga tinggi, cepat tumbuh, serta keinginan tinggi.

Sementara di Jawa Timur sudah dikebunkan secara makro di daerah Gresik, dikembangkan oleh H.M. Kuntajaya Ahmad, ST dan rekan yang tergabung dalam Budidaya Buah Tin Indonesia, ditempat tersebut telah dikembangkan berbagai macam jenis buah tin, diantaranya varian Jordan Purple, Jordan Green, Brown Turkey, Abicou, Red Israel,Panache dan masih banyak jenisnya (bisa di lihat di youtube.com search jenis buah tin) .

Seiring waktu kebun buah tin di tempat ini berkembang secara subur dan berkembang pesat, Hasil yang didapat selain bibit dan buah nya daun dari pohon ini telah diolah menjadi teh yang penuh khasiat TEH DAUN TIN dengan merk TEH KUNTA.

Tanaman tin sering dimanfaat daun dan buahnya. Daunnya sering diolah menjadi teh.
Kandungan senyawa dalam daun tin:
- polyphenols (anti oksidan)
- benzaldehyde (anti tumor & kanker)
- coumarins (anti tumor & kanker).

Manfaat Daun Tin
Beberapa manfaat daun tin antara lain:
1. Mengontrol tekanan darah tinggi & jantung.
2. Detoksifikasi.
3. Mengandung serat tinggi.
4. Mengurangi sesak nafas.
5. Mengontrol kadar gula darah.
6. Sebagai pelancar buang hajat besar.
7. Penahan sakit dan unsur perkumuhan air seni (diueritik).
8. Tidak mengandung garam, lemak, & kolestrol.
9. Mengandung kalium, serat, & zat besi tinggi.
10. Mencegah kanker usus besar.
11. Mengandung anti oksidan.
12. Pengencer dahak.
13. Memperlambat proses penyerapan glukosa di usus kecil.
14. Membersihkan hati & limpa.
15. Mengatasi masalah berat badan.
16. Terapi penderita diabetes .

Kandungan Senyawa Dalam Buah Tin
Menurut Professor J. A. Vinson, U of Scranton, USA menyebutkan bahwa buah Tin tidak mengandung garam, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi. Hasil penelitian dalam 100gram buah Tin, mengandung 20% daripada keperluan zat serat seharian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut.

Manfaat Buah Tin 
Buah Tin ini mempunyai banyak faedah yang bermanfaat untuk kesehatan badan kita, antara lain:
1. Melindungi diri dari tekanan darah tinggi.
2. Mencegah serangan jantung coroner lantaran didalam buah Tin terdapat kalium omega tiga serta enam.
3. Mengurangi resiko kanker prostat, sebab dalam buah tin memiliki kandungan coumarin.
4. Mencegah penyakit osteoporosis serta membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang, karena mengandung kalsium tinggi.
5. Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik.
6. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah.
7. Buah tin sangat efektif untuk proses penurunan berat badan karena kaya serat.
8. Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar