Aquascaper Wajib Tau! Ini 5 Tanaman yang Cocok untuk Penghias Aquarium

Tanaman tak hanya di darat saja adapun tanaman di air yang mungkin pernah kita lihat, namun tak tau secara detail tentang tanaman air. Berbeda dari kebanyakan tanaman yang ada di darat, sebetulnya tanaman air gampang untuk dirawat dan sangat praktis sebab hanya membutuhkan media air saja.

Jenis tanaman ini disebut juga dengan hidrofit sebab pertumbuhannya di sekitar perairan dan sudah beradaptasi di air asin maupun air tawar. Umumnya, tanaman air akan terlihat mengapung menyesuaikan diri di atas air dan sebagian lainnya terendam bahkan seluruh bagiannya tenggelam.

Tetapi bila airnya dangkal daunnya akan muncul ke permukaan dan di waktu lain tanaman bisa lepas dari kelompoknya, kemudian tumbuh di tempat yang lain. Walau demikian, kehidupan di air juga beraneka ragam, ada tanaman yang terlihat seperti bakteri adapun yang berukuran besar.

Baca Juga:

Selain itu, tanaman air ini juga sangat bermanfaat untuk lingkungan air. Adapun manfaatnya:

  1. Meningkatkan kadar oksigen dalam air
  2. Melindungi habitat ikan
  3. Sebagai estetika tanaman hias air

Tanaman air ini mempunyai ciri khas tersendiri supaya bisa tetap hidup di air, berikut beberapa ciri khasnya:

  • Biasanya tanaman air mempunyai batang yang berongga, untuk membantu tanaman mengapung di air.
  • Bagian daun yang lebar yang berfungsi untuk mempercepat penguapan (kelebihan air dalam tanaman) pertumbuhan tanaman.
  • Terjadinya peningkatan stomata pada sisi daun.
  • Fungsi akar tanaman air untuk menangkap oksigen dalam jumlah yang banyak.
  • Memiliki kutikula yang tipis dan struktur yang kurang kuat.

Jika kamu pecinta aquascape, ada jenis tanaman air yang cocok untuk aquarium. Tak hanya bisa memberikan tampilan segar dan nyaman, tanaman air juga berfungsi untuk memberi pasokan oksigen bagi ikan peliharaan. Ada beraneka ragam tanaman air untuk hiasan kolam ataupun akuarium supaya semakin terlihat cantik. Berikut jenis tanaman air yang cocok untuk aquarium atau kolam ikanmu.

1. Ganggang Rantai 

Tanaman ganggang rantai merupakan jenis tanaman air yang bisa memberikan kadar oksigen di dalam air sehingga hewan tercukupi oksigennya dan air menjadi jernih. Lain dari itu, fungsi tanaman air ini untuk membersihkan daerahnya dan perlindungan untuk ikan-ikan kecil.

2. Aponogeton Ulvaceus

Jenis tanaman air yang tergolong dalam keluarga Aponogetonaceae, memiliki bentuk kerucut kecil, bagian rimpang sedikit berbulu dengan diameter 1,18 inci. Bentuk daunnya yang bergalur dan halus sangat cocok menjadi tanaman air hias di akuarium besar, sebab panjang helai daunnya bisa sampai 30cm-60cm.

Untuk tanaman air yang satu ini akan berkembang dalam kondisi air basa, apabila ditambah CO2 maka akan menghasilkan tanaman yang lebih subur serta tanaman ini menyukai cahaya matahari namun tetap teduh.

3. Cryptocoryne

Nama cryptocoryne berasal dari bahasa Yunani Crypto, tanaman air ini tergolong dalam famili Araceae yang hidup secara alami di daerah tropis seperti India, Asia Tenggara dan Papua. Tanaman air ini menyukai habitat yang sebagian besar berada di aliran sungai dengan air yang tak begitu deras dan di hutan dataran rendah.

Dengan demikian, tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi akuarium. Akan terlihat sangat cantik bila tanaman ini ditempatkan di bagian sisi kanan atau kiri akuarium.

4. Hygrophila Difformis

Jenis tanaman air ini termasuk dalam keluarga acanthaceae dan genus Hygrophila. Tanaman hygrophila difformis ini berkembang di wilayah Burma, India, Thailand dan sebagian Malaysia. Mempunyai ukuran batang individu sekitar 5 sampai 30 cm. Sebetulnya tanaman air ini masih banyak sekitar 80-100 spesies yang ditemukan.

Proses pertumbuhanya sangat cepat tapi bila tanaman ini kekurangan zat mikro maka warna daunnya akan terlihat lebih pucat, tetapi tak perlu khawatir cukup berikan pupuk secukupnya.

5. Java Moss

Memiliki nama latin Vesicularia Dubyana yang tergolong dalam famili Hypnaceae. Tanaman java moss ini pertumbuhannya cukup mudah dan mudah dirawat. Mempunyai warna hijau yang cukup mencolok membuat tanaman ini menjadi favorit para pecinta aquascape. Umumnya tanaman ini digunakan di akuarium tawar untuk hiasan. Java moss ini sangat cocok ditempatkan secara menempel pada batu atau kayu apung.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement