Cara Budidaya Buah Strawberry

 Strawberry ialah tumbuhan yang berbuah cantik dengan rasa yang nikmat dan sekaligus menyegarkan. Strawberry termasuk buah yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan kegiatan budidaya tanaman strawberry sudah dilakukan oleh para petani sejak lama untuk memperbanyak hasil produksi karena mengetahui bahwa strawberry termasuk buah yang disukai banyak orang. Buah strawberry sering dijadikan makanan atau minuman, seperti selai, jus, dan masih banyak lagi. 

Kegunaannya juga bukan sebatas dimakan, lalu terasa nikmat, dan timbul keinginan untuk mengonsumsinya lagi. Lebih dari itu, strawberry juga tercatat mengantongi beragam kandungan yang memberi dampak manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan.
Dari keuntungan dan manfaat yang diberikan, pasti banyak orang (bukan hanya petani) yang terpikat untuk berusaha dalam membudidayakan strawberry. Apakah Anda juga menginginkan hal serupa? Berkebun sendiri memang mudah, selain meningkatkan kemampuan bertani, kegiatan pembudidayaan juga bisa membuat Anda pintar dalam melihat peluang usaha dalam bidang agribisnis.


  • Cara Menanam Strawberry dipolybag
Untuk membudidayakan strawberry, kita tidak membutuhkan lahan luas. Cukup dengan meyediakan pot atau polybag, kita sudah bisa membudidayakan tanaman buah strawberry. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lewati, berikut akan tanamtanaman.com ulas cara menanam strawberry di polybag yang bisa dilakukan di halaman pekarangan rumah.


  • Syarat Tumbuh Strawberry
Dalam mengerjakan suatu hal yang baru, kita perlu mengetahui informasi selengkap-lengkapnya untuk melancarkan proses agar tidak terjadi kebuntuan karena bingung harus apa selanjutnya. Setali tiga uang dengan budidaya seledri, sebelum melakukan penanaman stroberi, Anda harus tahu syarat tumbuh tanaman strawberry.


  •   Berikut syarat tumbuh tanaman strawberry:
Keuntungan yang maksimal akan diperoleh jika tanaman strawberry ditanam di dataran tinggi sekitar 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut. Strawberry tidak bisa tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus datang setiap hari. Tanaman strawberry ini tentu berkembang dengan baik dan memberikan buah dengan warna dan rasa yang sempurna apabila ditanam di daerah yang curah hujan 600 – 700 mm per tahun.

Buah stroberi termasuk tanaman subtropis yang bisa tumbuh di Indonesia dengan baik. Namun, tanaman strawerry ini hanya akan lebih baik untuk beradaptasi di dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 -10 jam setiap harinya.


Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan strawberry antara 70 – 80%.
Kadar keasaman tanahnya atau pH tanah yang ideal untuk budidaya tanaman strawberry di dalam polybag atau pot ialah sekitar 6,5 – 7,0.
Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu ada.
Cari atau belilah bibit tanaman strawberry di toko tanaman terdekat atau kalian bisa menggunakan pembibitan vegetatif menggunakan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai asal mula strawberry. Setelah bibit tersedia, siapkan juga polybag dan media pengisinya.

 Media pengisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1 setelah itu masukan campuran tanah dan pupuk kompos ke dalam polybag, pot, atau karung yang kalian jadikan wadah untuk tanaman. Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.Siram bibit tersebut setiap pagi dan sore, setiap hari. Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. pastikan kebutuhan air pada media tanam agar bibit tanaman strawberry cepat tumbuh.
setelah bibit tanaman strawberry sudah ditanam, setelah itu hanya tinggal memberikan perawatan dan pemeliharaan.
  • Cara Perawatannya
Penyiraman. Siram tanaman strawberry dengan embrat secara rutin dari masa awal tanam hingga memasuki fase generatif. Lakukan penyiraman secara intensif, bila perlu buat jadwal. Pastikan bahwa kalian memelihara angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kering. Penyulaman. Asalkan tanaman strawberry ada yang menghadapi gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, maka lakukan langkah penyulaman. Ganti tanaman yang mati dengan bibit baru pada polybag yang sama. Penyulaman sangat penting dilakukan untuk mengenali masalah supaya berikutnya tidak ada lagi yang terjadi gagal panen.



Pengendalian Hama dan Penyakit. Selain disiram, Anda juga harus memperhatikan keberadaan hama. Saat ada hama yang menempel pada tanaman, langsung dibuang atau kalian juga bisa menggunakan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Pastikan supaya tanaman strawberry tidak diganggu dengan burung merpati atau burung-burung lain. Pemupukan Pohon strawberry yang sedang Anda tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Pada saat memberikan pupuk, pastikan supaya pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.
 

Perampelan. Hematnya, perampelan dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut adalah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Setelah itu tunas atau bakal pohon tersebut dapat ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang. Pemberian Fitohormon. Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut biasanya diinjeksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman.

Hormon yang dipakai adalah hormon gas etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya. Kecuali gas etilen, umumnya juga digunakan hormon Indol Asam Aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tanaman serta menghasilkan buah yang banyak dan lebat. Fitohormon ialah sekelompok campuran bahan organik yang terbuat dengan cara alami maupun dibuat oleh manusia sendiri. Di dalamnya terdapat kadar yang mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan. Fitohormon bisa Anda dapatkan di toko tanaman. Sebelum memakainya, kita bisa tanyakan pada lembaga dinas pertanian setempat.


  • Pemanenan
Setelah berumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawberry sudah bisa dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana perawatannya. Tanaman buah strawberry yang dapat diambil buahnya memiliki ciri-ciri umum ialah daging buah terasa kenyal dan empuk saat dipegang. Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Buah yang sudah berwarna merah mudah atau merah tua dan batangnya sudah berwarna coklat kekuningan.

Pemanenan buah strawberry bisa dilakukan dengan memakai gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Petiklah buah strawberry dengan alat tersebut, setelah itu cuci dan dikeringkan dengan menggunakan angin. Jika buah strawberry mau dijual, kita bisa membungkus buah strawberry tersebut menjadi beberapa bungkus untuk dijual langsung ke agen pemasaran buah atau toko buah-buahan.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement