081232584950 | Cara Menggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak Pada Tanaman Cabai

Mulsa plastik hitam perak (MPHP) sering digunakan di daerah subtropis untuk memaksimalkan hasil panen budidaya cabai,  mentimun, tomat, strawberri dan kubis bunga, jagung dll. Sesuai namanya plastik mulsa ini dua warna berbeda di dua permukaan:
- Warna perak (menghadap atas/tanaman) berfungsi memantulkan sinar matahari/sinar ultraviolet yang berguna untuk membunuh hama yang ada di permukaan bawah daun seperti: aphid, thrips, tungau, ulat, dan cendawan.
- Warna hitam untuk menutup permukaan tanah, menghadap bawah, yang berfungsi untuk menghalangi tumbuhnya gulma atau rumput liar yang mengganggu tanaman.

Pemasangan mulsa plastik hitam perak di bedengan tempat menanam cabai dilakukan setelah bedengan selesai dipupuk. Kebutuhan mulsa plastik untuk penanaman cabai seluas 1 ha dengan populasi kurang lebih 16.000-17.000 tanaman dengan jarak tanam 75 cm x 50 cm adalah sekitar 12 rol. Lebar mulsa yang digunakan 120 cm, panjang mulsa sekitar 500 meter per roll. Ketebalan mulsa yang biasa digunakan 0,275 s/d 0,35 (27,5 s/d 35 mikron).

Pemasangan mulsa plastik ini sebaiknya dilakukan pada siang hari sewaktu matahari sedang terik-teriknya sehingga mulsa plastik dapat ditarik dan dikembangkan secara maksimal. Alat-alat yang diperlukan untuk pemasangan mulsa plastik adalah pasak bambu berbentuk huruf U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa.

Cara Pemasangan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP)
1.Siapkan mulsa plastik sepanjang bedengan dikurangi 1-0,5 m karena akan memuai terkena panas dan tarikan.
2.Ujung ujung mulsa plastik ditarik secara bersamaan lalu kedua ujung dipasak dengan menggunakan pasak dari bambu.
3.Salah satu sisanya dipasang pasak bambu dengan jarak setiap 50 cm. Setelah satu sisinya selesai, sisi lainnya menyusul. Pemasangan pasak ini dilakukan sambil menarik secara perlahan-lahan mulsa plastik sehingga menutup bedengan dengan rapat.

Setelah pemasangan selesai, kita dapat menentukan calon lubang tanam dan menetukan jarak tanamnya. Jarak tanam 75cm x 50cm. Calon lubang tanah ditandai dengan spidol berbentuk lingkaran atau segitiga. Setelah itu bisa dilakukan pelubangan dengan menggunakan bekas kaleng susu. Kaleng susu yang digunakan adalah kaleng susu kecil yang berdiameter sekitar 10 cm. Salah satu ujung kaleng ini kita gunting berbentuk gerigi. Cara menggunakannya dengan menancapkan kaleng itu ke mulsa sambil memutarnya. Jika kaleng kita angkat, tanahpun ikut terangkat sehingga membentuk lubang tanam di mulsa plastik, juga membentuk lubang tanam di bedengan karena tanahnya ikut terangkat.

CATATAN: Untuk pemupukan tanaman dapat dilakukan sekaligus sebelum plastik mulsa di pasang.
Untuk pemesanan mulsa plastik bisa menghubungi kami:
- SMS/Call: 087702821277 | 081232584950
- Phone: 031-8830487
- Email: limcorporation2009@gmail.com


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement