Budidaya Strawberry dengan bantuan Polybag

Jual Polybag Harga Pabrik Murah - Lim Corporation

Strawberry merupakan tanaman yang menghasilkan buah cantik dengan cita rasa yang nikmat dan sekaligus menyegarkan. Strawberry termasuk buah yang populer di Indonesia. Dikarenakan kegiatan budidaya tanaman strawberry sudah dilakukan oleh para petani sejak lama untuk memperbanyak hasil produksi karena strawberry termasuk buah yang sangat disukai banyak orang. Buah strawberry kebanyakan diolah menjadi makanan atau minuman tertentu, seperti selai, jus, dan banyak lagi. Selain itu, strawberry juga tercatat mengantongi beragam kandungan yang memberi manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan.

Dari segi kegunaan dan manfaat yang didapatkan, tentu banyak orang yang tertarik untuk mencoba berbudidaya strawberry. Berkebun sendiri sangatlah mudah, selain dapat meningkatkan kemampuan bertani, kegiatan pembudidayaan juga dapat membuat Anda pintar dalam melihat peluang usaha dalam bidang agribisnis.

Cara Menanam Strawberry di Polybag :
Untuk bertanam strawberry, tidak memerlukan lahan luas jika belum memilikinya. Cukup hanya menyiapkan pot atau polybag, sudah bisa budidaya buah strawberry sendiri. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

SYARAT TUMBUH STRAWBERRY

Hasil maksimal akan diperoleh bila strawberry ditanam di lokasi dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 – 1.500 meter dari permukaan laut. Strawberry tidak dapat tumbuh dengan baik apabila curah hujan terus datang setiap hari. Strawberry dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan warna dan rasa yang sempurna di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per tahun. Buah strawberry termasuk tanaman subtropis yang dapat tumbuh di Indonesia dengan baik. Tetapi dirinya hanya lebih mudah untuk beradaptasi dilokasi dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.

Pertumbuhan strawberry akan berlangsung dengan baik apabila setelah mendapatkan sinar matahari selama 8 – 10 jam setiap harinya. Tingkat kelembaban udara yang menstimulus pertumbuhan tanaman strawberry antara 70 – 80%. Derajat keasaman tanah atau pH tanah yang ideal untuk budidaya strawberry di dalam polybag atau pot yakni 6,5 – 7,0. Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot harus memiliki sifat poros, mudah menyerap air, dan ketersediaan unsur hara harus selalu ada.

CARA MENANAM STRAWBERRY DI POLYBAG (POT)

1. Belilah bibit strawberry di toko tanaman terdekat atau bisa melakukan pembibita vegetatif dengan cara mengambil bagian batang tanaman sebagai cikal bakal tanaman.
2. Setelah bibit sudah ada, siapkan polybag dan media pengisinya. Media pengisi terbuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan masing-masing 1:1.
3. Campuran untuk media tanam langsung dimasukkan ke dalam polybag, pot, atau karung yang dijadikan wadah tampung tanaman.
4. Buat lubang, lalu tanamlah bibit strawberry atau batang strawberry ke dalamnya.
5. Sirami bibit setiap pagi dan sore dan Jaga selalu tingkat kelembaban tanah. Selalu mencukupi kebutuhan air di media tanam agar bibit strawberry cepat tumbuh.

Setelah bibit sudah ditanam, berikutnya melakukan perawatan.


  • PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN

PENYIRAMAN
Sirami tanaman strawberry dengan embrat secara rutin dari masa awal tanam samapi memasuki fase generatif.Penyiraman dilakukan secara intensif, apabila perlu buat jadwal. Pastikan Anda untuk memelihara angka kelembaban media tanam, jangan sampai tanah kekeringan.

PENYULAMAN
Apabila tanaman ada yang mengalami gangguan pertumbuhan, tidak tumbuh dengan sempurna, rusak dan bahkan mati, maka perlu lakukan langkah penyulaman. Gantilah tanaman yang mati dengan bibit baru pada polybag yang sama. Penyulaman penting dilakukan untuk dapat mengidentifikasi masalah agar berikutnya tidak lagi terjadi gagal panen.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT
Jika terlihat ada hama yang menempel pada tanaman Anda bisa menyemprotkan pestisida yang dianjurkan untuk tanaman strawberry. Usahakan agar strawberry tidak diganggu oleh burung merpati dan burung-burung lain.

PEMUPUKAN
Tanaman strawberry yang sedang Anda tanam setelah memasuki usia 2 bulan harus diberikan pupuk untuk mempertahankan kemampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dosis yang sudah ditetapkan. Saat anda melakukan pemupukan, usahakan pupuk tidak mengenai organ tanaman seperti batang, daun, dan buahnya.

PERAMPELAN
Dilakukan ketika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh secara berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut dapat ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.

FITOHORMON
Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan cara memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut umumnya diinjeksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman.Hormon yang digunakan adalah hormon gas etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya. Selain gas etilen umumnya juga digunakan hormon Indol Asam Aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tanaman serta menghasilkan buah yang banyak dan lebat.
Fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organik yang terbentuk secara alami ataupun dapat dibuat sendiri oleh manusia. Didalam fitohormon terdapat kadar yang mampu mendorong, menghambat atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan. Fitohormon bisa didapatkan di toko tanaman. Sebelum anda menggunakannya, bisa konsultasikan pada lembaga dinas pertanian setempat.

CARA AGAR TANAMAN STRAWBERRY CEPAT BERBUAH
Agar tanaman strawberry yang Anda tanam di polybag lebih cepat berbuah, selain dari melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, juga perlu melakukan kegiatan yang dinamakan pendangiran dan penyiangan.

Pendangiran dan penyiangan sendiri merupakan kegiatan yang koheren dan kohesif didalam dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai dan bahkan diyakini banyak pekebun sebagai faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.


Pendangiran dilakukan oleh petani untuk menggemburkan lahannya dengan cara dicangkul kecil-kecil dan hati-hati jangan sampai melukai akar tanaman. Sementara penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput liar pada tanah bertujuan untuk menjaga lahan atau media tanam selalu bersih sehingga terbebas dari pertumbuhan jamur, penyakit, dan hama parasit.

PEMANENAN
Setelah tanaman berumur 2 bulan bahkan kurang, buah strawberry sudah bisa untuk dipanen. Semuanya bergantung dengan bagaimana cara perawatannya. Tanaman strawberry yang sudah bisa diambil buahnya memiliki ciri-ciri umum seperti daging buah terasa kenyal dan empuk saat dipegang dan Jika digigit mempunyai rasa yang sedikit asam. Kulit buahnya berwarna merah mudah atau merah tua disertai warna tangkai yang agak cokelat kekuningan.

Pemanenan buah strawberry dilakukan dengan menggunakan gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Memetik buahnya dengan alat tersebut, lalu dicuci dan dikeringkan menggunakan angin. Jika buah strawberry ingin dijual, Anda dapat membungkus buah-buah strawberry tersebut menjadi beberapa paket untuk dipasarkan langsung ke agen pemasaran buah dan toko buah-buahan.


Banner Polybag 18

Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement