Senin, 25 Februari 2013

Apa Itu Polybag?

Bagi orang yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan nama polybag atau plastik polybag sudah tidak asing lagi. Apa itu polybag? Polybag adalah plastik berwarna hitam yang terdapat lubang-lubang kecil di sisinya. Fungsi lubang-lubang tersebut untuk menjaga kestabilan kandungan air pada media tanam. Seandainya polybag tidak dikasih lubang-lubang, maka tanaman bisa membusuk/mati karena media tanam yang terlalu lembab.

Umumnya plastik polybag digunakan untuk persemaian/ pembibitan, misalnya pada tanaman karet, kelapa sawit, jati, jabon, dll. Setelah bibit tanaman cukup dewasa 12-24 bulan, tanaman baru akan dipindahkan ke media tanam yang sebenarnya (tanah). Plastik polybag yang digunakan untuk pembibitan awal biasanya ukuran kecil (babybag), misal ukuran: 14/7 cm x 23 cm x 0,075. Maksudnya lebar 14/7 (14 cm posisi samping terbuka, 7 cm posisi samping terlipat), tinggi 23 cm, dan tebal 0,075. Sedangkan untuk pembibitan tingkat lanjut bisa menggunakan polybag ukuran agak besar misal ukuran: 40/20 cm x 50 cm x 0,15. 

Banyak jenis tanaman hortikultura yang berumur pendek seperti cabai rawit, cabai besar dapat juga ditanam di dalam polybag. Produktivitas buah / hasil tidak berbeda jauh dengan yang ada di lahan, begitu pula mutu produk. Bertanam di polybag merupakan alternatif cara bercocok tanam yang lain, bisa menjadi solusi bagi kita yang membutuhkan konsumsi buah atau sayuran daun yang segar.

Mengapa polybag dipilih sebagai wadah tanam? Hal ini  disebabkan beberapa faktor, seperti: harga murah, tahan karat, tahan lama, ringan, memiliki bentuk seragam, tidak cepat kotor dan mudah diperoleh pada toko plastik atau toko pertanian. Faktor lain, polybag sangat baik untuk drainase, aerasi, sehingga tanaman dapat tumbuh subur seperti dilahan yang sebenarnya. Perlu diperhatikan, penentuan ukuran polybag yang tepat dapat meningkatkan produktivitas tanaman serta meningkatkan efisiensi dalam penggunaan media dan nutrisi.

Kami pabrik dan distributor polybag / palstik polybag di Surabaya, kami melayani pemesanan polybag berbagai ukuran (minimal lebar 14 cm) untuk aneka kebutuhan pertanian/ perkebunan Anda. Kami mengedepankan kualitas bukan harga murah, agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis Anda. Apa artinya harga polybag murah tapi baru dipakai 3 bulan sudah hancur/rusak. Harga polybag yang kami tawarkan sangat bersaing, sebanding dengan kualitasnya.

Ada 2 pilihan kualitas polybag:
- kw-1, bahan original, daya tahan pemakaian sampai 2 thn
- kw-2, bahan campuran, daya tahan pemakaian sampai 1 thn

Untuk informasi harga polybag silahkan hubungi kami:
- Call / SMS: 0852 3392 5564 / 081 2325 84950
- Pin BB   : 295C383F
- Email     : limcorporation2009@gmail.com   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar